post image
KOMENTAR

Sebuah peristiwa mengerikan, seperti di film horor, terjadi kemarin, Senin (5/8), tak lama setelah British Airways  BA422 dari Heathrow, London, Inggris, mendarat di Bandara Valencia, Spanyol.

Pesawat itu mendarat darurat di luar arena sandar, dan dibutuhkan sekitar 10 menit untuk membuka pintu exit. Asap mengepul memenuhi kabin. Suasana panik luar biasa.

Lucy Brown, salah seorang penumpang, merasa seperti berada di dalam film horor.  “Pengalaman yang buruk dalam penerbangan ke Valencia. Pesawat dipenuhi asap dan kami harus dievakuasi keluar,” tulisnya dalam akun Twitter.

“Untunglah semua selamat,” tambahnya.

Gayle Fitzpatrick dari Glasgow, Skotlandia, mengatakan, 10 menit sebelum pendaratan pesawat turun dengan begitu cepat, sementara ruangan dipenuhi asap putih sehingga mata penumpang mengeluarkan air seperti orang menangis.

Seperti dikutip dari The Independent, disebutkan bahwa dalam situasi panik seperti itu tidak ada komunikasi dari kru pesawat. Tetapi ada kru yang mengenakan masker asap dan pakaian anti api sambil berusaha membuka pintu darurat.

Akhirnya pintu terbuka, dan penumpang diminta keluar menggunakan peluncur darurat.

Mobil pemadam kebarakan sudah menunggu di luar pesawat bersiap-siap menghadapi situasi terburuk yang mungkin terjadi.

Disebutkan pula dalam laporan itu, tiga penumpang dirawat karena menghirup terlalu banyak asap. Sementara 12 lainnya dirawat karena mengalami luka-luka ringan saat meluncur keluar dari pesawat.

Penumpang protes karena tidak ada instruksi yang pasti dan jelas dari kru pesawat saat krisis.

Seorang penumpang, Stephen McConnon, mengatakan, “Penanganan skenario darurat yang mengejutkan di Valencia. Pesawat penuh dengan asap, tidak ada oksigen, tidak ada pengumuman dalam pesawat, dan staf tidak melakukan apapun.”

Sementara jurubicara maskapai membenarkan peristiwa yang dialami BA422. Dikatakan bahwa semua penumpang dan kru dalam keadaan selamat.

“Tim British Airways membantu kostumer yang berada di terminal,” ujar pernyataan itu.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews