post image
KOMENTAR

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyetujui penjualan 66 pesawat tempur F-16 versi terbaru,  F-16C / D Block 70, kepada Republik China atau Taiwan.

Penjualan pesawat buatan Lockheed Martin itu disebutkan senilai 8 miliar dolar AS.

Dalam pernyataan yang disampaikan hari Selasa (22/8), Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah memberikan lampu hijau dan pada proposal penjualan. Adapun Kongres telah diinformasikan pekan lalu.

Juga dikatakan oleh Pompeo bahwa transaksi pesawat tempur ini konsisten dengan hubungan historis antara Amerika Serikat dan Taiwan.

"Tindakan kami konsisten dengan kebijakan Amerika Serikat sebelumnya. Kami hanya menindaklanjuti komitmen yang telah kami buat untuk semua pihak," tambahnya, seperti dimuat Reuters.

Keputusan AS mengizinkan penjualan F-16 kepada Taiwan akan memicu kemarahan dari Republik Rakyat China (RRC). Rencana Taiwan untuk meningkatkan pertahanan udara terjadi di tengah upaya China meningkatkan kapasitas pertahanan udara di kawasan.

China menganggap Taiwan sebagai bagian dari China yang menunggu penyatuan kembali. Tetapi Taiwan menganggap dirinya adalah negara sendiri dan merupakan sekutu dekat Amerika Serikat.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga