post image
Pesawat saat mendarat/Net
KOMENTAR

 Bertepuk tangan saat pesawat sukses mendarat lazim di beberapa daerah di belahan dunia. Namun, saat ini dua belas negara bagian Amerika Serikat membuat undang-undang yang membuat bertepuk tangan saat mendarat ilegal. 

Dilansir dari Thin Air Today, Minggu (1/9), aturan baru ini muncul setelah adanya desakan dari beberapa maskapai dan penumpang yang terganggu dengan aktivitas ini. Khususnya bagi pilot yang sedang fokus melakukan manuver pendaratan, akan terganggu dengan suara tepuk tangan dari para penumpang pesawat. 

Sebelumnya, pemerintah California telah memberlakukan aturan tepuk tangan ilegal. Di California, bertepuk tangan ketika pesawat mendarat akan mendapatkan hukuman penjara hingga dua tahun.

Sementara itu di luar AS, ada beberapa negara seperti Denmark yang menerapkan peraturan yang serupa. Berbeda dengan Brasil yang justru mewajibkan tepuk tangan saat pendaratan.

Menurut ilmuan, bertepuk tangan saat mendarat adalah bentuk kelegaan. Namun tidak semua orang memiliki pemikiran serupa. 

"Saya tidak bersorak karena saya ingin orang-orang berpikir bahwa saya sering terbang. Seseorang di sebelah saya bertepuk tangan dan dia terlihat konyol," ujar penumpang bernama Manos Juntos saat melakukan penerbangan pertamanya. 

Dengan perbedaan aturan di setiap negara, disarankan bagi penumpang untuk memeriksa undang-undang setempat sebelum melakukan perjalaan udara untuk menghindari masalah dengan pihak berwenang.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews