post image
Jepang sukses kirim suplai ke ISS/Net
KOMENTAR

 Setelah gagal meluncurkan roketnya dua pekan lalu, Jepang akhirnya sukses mengirim roket H-2B menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan membawa pasokan, Selasa (24/9).

Reuters melaporkan, kargo bernama Kounotori yang dibawa dengan roket H-2B diperkirakan tiba di ISS pada Sabtu (28/9). Kapal kargo bermuatan 4 ton tersebut diketahui berisi 6 baterai lithium-ion baru yang akan menggantikan baterai lama di ISS yang akan habis masa kerjanya pada akhir tahun ini.

Selain baterai, Kounotori atau yang artinya bangau putih ini juga membawa persediaan air bersih dan makanan untuk persediaan para astronot yang bekerja di ISS.

Dua pekan sebelumnya, Badan Antariksa Jepang (JAXA) gagal mengirim Kounotori dengan Roket H-2B karena terjadi kebakaran di landasan Tanegashima. Setelah diselidiki, kebakaran tersebut muncul akibat masalah di istrik statis dan propelan oksigen.

JAXA merupakan salah satu dari beberapa organisasi di dunia yang melakukan pengiriman ke ISS secara berkala, seperti halnya Rusia dan Amerika Serikat. AS sendiri memiliki SpaceX dan Northrop Grumman yang mengatasnamakan NASA.

Rencananya, pada Rabu (25/9) ini, Rusia juga akan mengirim tiga astronotnya ke ISS. Satu di antaranya adalah orang pertama dari Uni Emirat Arab yang menuju orbit.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews