post image
KOMENTAR

Mesin sebelah kiri pesawat Asiana Airlines A380 terbakar saat sedang mengisi bahan bakar di Bandara Incheon, Korea Selatan, Jumat (18/10).

 

Video yang dirilis akun @JaccecNew memperlihatkan bagaiman api keluar dari bagian belakang mesin yang terbakar. Sementara asap kelam membumbung.

Pemadam kebakaran terlihat berusaha mengatasi kobaran api, karena bahan yang tidak dikenal terbakar di tanah di belakang mesin. Penyebab kebakaran ini, sampai sekarang, belum diketahui.

Menurut Planespotters, Asiana mengoperasikan enam  pesawat A380 dengan usia rata-rata 4,6 tahun.

Pesawat yang terbakar itu tampaknya memiliki nomor registrasi HL7634, yang dikirim ke Asiana pada Mei 2015.

Dikonfigurasi dalam tiga kelas, A380 ini membawa total 495 penumpang (12 di pertama, 66 dalam bisnis dan 417 di ekonomi). Didukung oleh empat mesin Rolls Royce Trent 970.

HL7634 yang tiba tadi malam dari New York melayani rute penerbangan OZ221. Pesawat mengalami keterlambatan sekitar satu setengah jam.

Menurut FlightRadar24, pengisian bahan bakar dilakukan karena pesawat sedang bersiap untuk mengoperasikan penerbangan OZ745 ke Hong Kong.

Layanan dijadwalkan berlangsung pada 19:50 waktu setempat tetapi saat ini terdaftar sebagai 'tertunda'. Bandara telah memperkirakan penundaan selama 60 menit.

Penundaan mungkin akan jauh lebih lama dari 60 menit dilihat dari video.

Kemungkinan HL7634 akan membutuhkan inspeksi ekstensif jika tidak ada perbaikan yang cukup mahal sebelum akan terbang lagi. Namun, seperti insiden yang terjadi di bandara rumah Asiana, ini tidak boleh terlalu melelahkan karena maskapai akan memiliki mekanik sendiri dan suku cadang di lokasi.

Insiden Dua Pesawat Garuda Yang Berhadap-hadapan Adu Moncong Di Bandara

Sebelumnya

Puing-puing Pesawat Hercules Chili Yang Hilang Kontak Di Atlantik Ditemukan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews