post image
X-37B ketika mendarat kemarin/The Aviationist
KOMENTAR

 Pesawat antariksa Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), X-37B berhasil mendarat di Kennedy Space Center Shuttle Landing Facility (KSCLF) milik NASA, Minggu kemarin (27/10) pukul 3.51 pagi. 

Pendaratan kemarin merupakan bagian dari Misi Orbital Test Vehicle (OTV) 5 yang merupakan program percobaan untuk mendemonstrasikan teknologi berbasis uji ruang angkasa tidak berawak yang andal dan dapat digunakan terus-menerus oleh USAF. 

Dimuat di The Aviationist, Misi OTV 5 ini telah memecahkan rekor dengan menghabiskan 780 hari klasifikasi percobaan di orbit, karena dalam Misi OTV 4, X-37B hanya bertahan selama 718 hari. Rekor ini bahkan sangat mengesankan karena pada awalnya pesawat ruang angkasa tersebut dirancang untuk durasi orbit 270 hari. Jika dijumlahkan, misi-misi OTV telah berlangsung selama 2.865 hari. 

Misi OTV 5 sendiri diluncurkan pada 7 September 2017 dari Stasiun Angkasa Udara Cape Canaveral (CCAFS) di Florida dengan bantuan dorongan pesawat Booster X Falcon 9. Sebagai pesawat ruang angkasa tidak berawak utama yang dapat digunakan kembali, X-37B telah mendarat sebanyak dua kali di KSCLF.

Dalam misinya, X-37B menyediakan kinerja dan fasilitas untuk meningkatkan teknologi agar para ilmuan dan insinyur dapat melakukan ekseperimen dalam lingkukngan ruang angkasa dengan durasi yang lama. 

Menurut The Aviationist, X-37B Angkatan Udara dimulai sebagai proyek uji dengan NASA pada tahun 1999 tetapi diakuisisi oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 2004. Selain X-37B, ada juga X-37A. Keduanya sama-sama memiliki misi rahasia. Bedanya, X-37B digunakan oleh USAF, sedangkan X-37A digunakan oleh Badan Penelitian Proyek Pertahanan Gabungan (DAPRA) dan wahana antariksa NASA. 

Karena terbilang rahasia, maka sulit untuk menemukan X-37B di orbit. Namun, pada 3 Juli lalu, astronom sekaligus pakar satelit asal Belanda, Rald Vanebergh berhasil mendapatkan gambar langka dari pesawat rahasia militer AS, X37B di orbit. 

Setelah berhasil mendaratkan X-37B dalam Misi OTV 5, USAF saat ini tengah mempersiapkan misi X-37B ke-6 yang rencananya akan kembali diluncurkan dari CCAFS pada 2020.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews