post image
KOMENTAR

Lima menit setelah tinggal landas, pesawat Antonov An-12A yang dioperasikan Angkatan Udara Sudan (SAF) jatuh di Darfur, Jumat (3/1).

Disebutkan, dalam kecelakaan ini 18 orang awak dan penumpang tewas. Empat di antaranya adalah anak kecil.

Pesawat militer ini tengah melayani penerbangan dari Geneina Airport (EGN) menuju Khartoum International Airport (KRT) dengan 13 orang di dalam pesawat.

Pesawat baru saja mengantarkan bantuan kemanusiaan untuk penduduk El Geneina, sebuah kota yang terdampak oleh konflik etnik.

“Semua penumpang, tujuh kru, tiga hakim dan delapan warga sipil, termasuk empat anak-anak tewas,” ujar jurubicara pihak militer, Amer Mohammed Al-Hassan, dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Udara Sudan menerbangan pesawat buatan China dan Rusia yang sering kali mengalami masalah. Umumnya karena persoalan teknis.

Pada bulan April tahun 2016, sebuah Antonov 26 milik SAF mengalami kecelakaan ketika sedang berusaha mendarat di El Obeid Airport (EBD). Lima kru tewas dalam kejadian ini.

Lalu pada bulan Oktober 2018, Khartoum International Airport (KRT), yang mrerupakan bandara utama di ibukota Sudan ditutup untuk sementara karena dua pesawat SAF bertabrakan di runway.

Dalam kejadian itu tidak ada korban tewas.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews