post image
Astronot yang kembali ke bumi/Net
KOMENTAR

 Kembalinya para penjelajah luar angkasa memang sangat ditunggu-tunggu. Seperti Kamis (3/10), ketika tiga orang astronot asal Amerika Serikar, Rusia, dan Uni Emirat Arab kembali ke bumi dengan selamat.

Adalah Nick Hague asal AS, Alexey Ovchinin asal Rusia, dan Hazzaa al-Mansoori asal UEA. Ketiga astronot tersebut berhasil mendarat di sebuah padang rumput di Kazahstan pada pukul 03.59 waktu setempat setelah melakukan penerbangan selama enam jam dari stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), seperti dilansir dari Channel News Asia.

Al-Mansoori, orang pertama dari UEA yang terbang ke stasiun ruang angkasa, kembali setelah melakukan misi selama delapan hari. Sementara Ovchinin dan Hague, veteran yang sedang dalam penerbangan perdananya, kembali setelah menghabiskan enam bulan di stasiun.

Setelah dikeluarkan dari kapsul Soyuz MS-12 milik Rusia, ketiga astronot tersebut didudukan di kursi lipat untuk beristirahat dan menjalani pemeriksaan medis. Tim Al-Mansoori membungkus astronot yang tersenyum itu dengan bendera UEA sebelum membawanya pergi untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Al-Mansoori yang merupakan mantan pilot militer adalah orang Arab pertama yang melakukan perjalanan ke ISS. Ketika Al-Mansoori diberangkatkan pada bulan lalu, gedung pencakar langit tertinggi di Dubai menyala sebagai bentuk perayaan.  

UAE sendiri saat ini memang sedang gencar mengembangkan program luar angkanya. Pada Oktober ini, negara tersebut akan meluncurkan satelit buatan lokal pertamanya, KhalifaSat dari Jepang. Tidak tanggung-tanggung, tahun depan UAE juga akan meluncurkan penyelidikan ke Mars.

Sementara itu, di ISS saat ini masih terdapat tiga astronot NASA, anggota kru Badan Antariksa Eropa, dan dua astronot Rusia. Mereka bertahan di ISS yang mengorbit untuk melanjutkan ratusan percobaan ilmiah.

9 Pemimpin Catalunya Ditahan, Bandara Barcelona Dipenuhi Ribuan Demonstran

Sebelumnya

A320neo Ke-1.000

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews