post image
Tol Langit sangat mendukung perkembangan industri digital di Indonesia/Net
KOMENTAR

 Keberadaan Tol Langit yang diresmikan Presiden Joko Widodo Senin (14/10) kemarin menjadi pintu gerbang bagi perkembangan industri digital. Momentum penting dalam revolusi industri 4.0.

Tol langit, yang sempat jadi candaan Netizen, merujuk kepada Proyek Palapa Ring. Sebuah proyek infrastruktur internet yang terdiri atas kabel optik, microwave, dan menara BTS 4G, yang disiapkan pemerintah untuk menghadirkan internet cepat guna menggenjot industri digital.

Pakar Ekonomi Kerakyatan dan Koperasi Milenial, Frans Meroga Panggabean mengatakan, Tol langit merupakan momentum kebangkitan ekonomi digital Indonesia dalam masa revolusi industri 4.0.

Dengan ketersediaan infrastruktur jaringan internet cepat, Frans yang juga Wakil Ketua Umum Generasi Optimis (GO) Indonesia meyakini minat generasi muda untuk menekuni bisnis digital akan melonjak tajam.

"Seperti keyakinan kami bersama teman-teman di Go Indonesia, ekonomi digital lah yang akan membuat Indonesia menjadi negara maju pada 2030," kata Frans melalui keterangan tertulisnya, Rabu (16/10).

Untuk itu Frans menyarankan pengenalan dini terhadap penggunaan digital dapat dimulai sejak sekolah menengah pertama (SMP). Kurikulum pelajaran komputer dapat disesuaikan dengan telah mulai mengenalkan jaringan, aplikasi, dan coding sejak kelas 7.

Selanjutnya penjurusan pada sekolah menengah atas (SMA) dapat dibuatkan jurusan digital guna melengkapi jurusan IPA dan IPS yang telah ada selama ini.

"Jadi sudah jelas bakal sekeren apa nanti Indonesia Maju 2030. Dengan momentum peresmian tol langit kemarin, maka infrastruktur koneksi jaringan internet akan semakin cepat dan dapat diandalkan," ujar Frans.

"Kita targetkan akan ada seribu unicorn yang berkontribusi atas pertumbuhan ekonomi yang membuat Indonesia memiliki total PDB 3 triliun dolar AS pada 2030 dan menempatkan Indonesia pada posisi 5 Besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia," tutupnya.

Laporan: Ahmad Alfian

Pesaing Airbus Dan Boeing Dari China Semakin Gagah

Sebelumnya

Luncurkan 2 Kostum Antariksa Baru, NASA Siap Kembali Ke Bulan?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Technology