post image
KOMENTAR

De Havilland DH82 Tiger Moth adalah biplan pelatih Inggris antar perang. Ini dikembangkan menjadi drone awal Perang Dunia Kedua yang disebut Queen Bee atau Ratu Lebah.

Dalam catatan SimpleFlying, Queen Bee pertama kali terbang pada tahun 1935 tetapi ini bukanlah drone pertama yang dibuat oleh Inggris. Inggris membuat drone pertama di dunia (pesawat kecil yang dikendalikan radio) pada tahun 1917 selama Perang Dunia I, yang disebut Aerial Target. Pesawat seperti Tiger Moth dan varian drone Queen Bee dibayangi oleh pesawat yang lebih ikonik pada Perang Dunia II (seperti Spitfire dan Messerschmitts). Inggris membuat banyak pesawat tempur yang sangat baik pada Perang Dunia II (RAF mungkin merupakan kekuatan utama yang menghancurkan Luftwaffe Jerman).

Queen Bee: target udara drone awal

Tiger Moth pertama kali terbang pada 26 Oktober 1931 dan memasuki layanan RAF beberapa bulan kemudian. Pesawat ini kemudian dikembangkan menjadi DH.82 Queen Bee - pesawat atau drone target berbiaya rendah yang dikendalikan radio. Ia menggunakan mesin, undercarriage, tailplane, dan bagian lain dari Tiger Moth. Namun alih-alih menggunakan badan pesawat berbingkai logam yang dilapisi kain milik Tiger Moth, ia menggunakan badan pesawat kayu. Badan pesawat yang terbuat dari kayu membuatnya lebih murah dan lebih apung jika mendarat di air.

Museum Pesawat de Havilland menyatakan: "Posisi kokpit belakang yang tertutup dilengkapi dengan peralatan kendali radio RAE termasuk unit servo yang dioperasikan secara pneumatik yang terhubung ke kemudi pesawat dan kendali elevator. Kincir angin kayu berbilah empat di aliran baling-baling di pelabuhan badan pesawat sisi menggerakkan pompa udara untuk menyediakan udara bertekanan untuk unit gyro dan servo."

Sejarah Operasional Ratu Lebah:
Penerbangan pertama: 1935
Operator: RAF & Armada Udara Angkatan Laut Kerajaan
Jumlah yang dibangun: lebih dari 380 (dioperasikan oleh Fleet Air Arm dan RAF)

Queen Bee digunakan untuk pelatihan meriam anti-pesawat (AA) yang realistis. Rencananya bukanlah untuk benar-benar menembak jatuh Ratu Lebah. Sebaliknya, pesawat latih akan mengimbangi tujuannya, dan pengontrol akan mencoba memulihkan pesawat untuk digunakan nanti. Dalam praktiknya, Queen Bee dapat berawak atau tidak berawak, karena kokpit depannya tetap normal untuk uji terbang dan penerbangan feri.

Armada Udara Angkatan Laut Kerajaan dan Angkatan Udara Kerajaan (RAF) mengoperasikan lebih dari 380 Queen Bees. Secara keseluruhan, sekitar 320 drone ini dibuat di Hatfield di Inggris, dan 60 lainnya dibuat oleh Scottish Aviation di Prestwick. Jumlah pasti yang dihasilkan tidak diketahui karena banyak yang dimusnahkan sebelum mereka menerima catatan atau registrasi.


de Havilland DH82B Ratu Lebah 'LF858' (G-BLUZ)

Spesifikasi Ratu Lebah DH82
Mesin: 130 hp de Havilland Gipsy Major 1
Rentang Sayap: 29 kaki 4 inci
Jangkauan: 300 mil
Kecepatan Maks: 104 mph
Langit-langit layanan: 14.000 kaki

Hanya dua yang tersisa di Inggris. One Queen Bee, dibangun pada tahun 1943 di Skotlandia, dipajang di Museum Pesawat de Havilland. Pesawat ini terbang setidaknya tiga kali untuk senjata Angkatan Darat Inggris. Itu diakuisisi pada tahun 1986 dan kemudian dikembalikan ke warna dan tanda aslinya. Pesawat ini tidak layak terbang, dan mesinnya hanya tinggal cangkang saja.

Ratu Lebah dan drone-nya

Menurut Wall Street Journal, penggunaan kata "drone" yang berarti UAV berasal dari pesawat ini. Pada tahun 1935, Laksamana AS William H. Standley pergi ke Inggris dan melihat demonstrasi Queen Bee baru Angkatan Laut Kerajaan yang dioperasikan dari jarak jauh untuk latihan sasaran. Dia kemudian kembali ke Amerika Serikat dan menugaskan Komandan Delmer Fahrney untuk membangun mitra Amerika untuk Angkatan Laut AS.

Cerita selanjutnya mengatakan bahwa Fahrney memilih nama "drone" (alias lebah jantan) sebagai penghormatan kepada Ratu Lebah Inggris sebelumnya. "Drone" adalah lebah jantan yang menemani ratu lebah. Oleh karena itu, kata tersebut mulai digunakan untuk pesawat yang dikendalikan radio, dan ketika AS memasuki perang beberapa tahun kemudian, mereka meningkatkan produksi "drone" yang menargetkan dan menyerang. Salah satu drone Amerika awal disebut Target Drone Denny 1 (TDD-1).

de Havilland DH82 Ngengat Harimau

Royal Air Force Museum mengklaim biplan Tiger Moth adalah "pesawat latih paling terkenal di dunia". Ngengat Harimau DH82 adalah salah satu versi terakhir dari keluarga biplan Ngengat antar perang yang sukses (silsilahnya dimulai pada tahun 1925 dengan Ngengat Cirrus DH60). Pesawat ini sebagian besar digunakan sebagai pesawat latih utama, dan pada Perang Dunia II, pesawat ini berperan lain seperti pengawasan maritim dan pembom ringan bersenjata.

Tiger Moths memiliki produksi penuh lebih dari 8.800 pesawat (dengan lebih dari 4.000 dibuat pada tahun-tahun perang). Varian juga dibuat di Kanada, di mana 1.548 pesawat dibuat bersama dengan 200 Tiger Moth lainnya khusus untuk Angkatan Udara AS di bawah skema 'Pinjam-Sewa' dengan Kanada. Ribuan unit lainnya dibuat di Australia, dan puluhan atau ratusan lainnya dibuat (atau dirakit) di negara lain seperti Selandia Baru. Mereka secara resmi dihentikan penggunaannya di Inggris pada tahun 1959.

Saat ini, bahkan beberapa F-16 yang terhormat mengakhiri hidup mereka sebagai drone latihan sasaran. Menurut Military Aerospace Electronics, beberapa F-16 yang sudah pensiun sedang diubah menjadi drone target berawak dan tak berawak yang canggih. Beberapa di antaranya adalah target udara skala penuh (FSAT) QF-16 tak berawak. F-16 bergabung dengan daftar pesawat tempur pensiunan Angkatan Udara yang diubah menjadi drone sasaran selama bertahun-tahun (termasuk F-100, F-102, F-104, F-106, dan F-4).


Selama Ini Diselimuti Adat, Bangkai Pesawat Eks Perang Dunia Kedua Ditemukan

Sebelumnya

Pertempuran Udara Terbesar, Para Pembunuh di Langit Kursk

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Histoire