post image
Masyarakat menonton siaran langsung pendaratan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di bulan, di auditorium Gujarat Science City di Ahmedabad, India, 23 Agustus 2023./Reuters
KOMENTAR

Persepsi masyarakat internasional mengenai India mengalami perubahan yang signifikan setelah negara itu berhasil meluncurkan misi Chandrayaan-3 ke bulan pada Juli 2023 sampai akhirnya mendarat di bulan pada Februari 2024.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri S. Jaishankar ketika berbicara di Kirori Mal College, Senin (29/4).

"Kita adalah negara terbesar di dunia. Kita adalah negara dengan perekonomian terbesar kelima, sebentar lagi kita akan menjadi negara ketiga. Apa yang kita lakukan di dalam negeri diawasi oleh semua orang di luar negeri. Keputusan apa yang kita ambil di dalam negeri juga sangat diikuti oleh negara-negara lain,” ujar Jaishankar.
 
“Jadi, jika dalam beberapa minggu mendatang kita akan memutuskan masa depan kita dengan cara apa pun yang kita inginkan, maka ini bukan hanya percakapan di antara kita sendiri, melainkan percakapan atau diskusi yang juga melibatkan enam miliar orang lainnya sebenarnya adalah aspek mengapa Bharat penting,” sambungnya.

Menteri Luar Negeri mengatakan bahwa masyarakat di seluruh dunia terpesona dengan prestasi teknologi India. Dia menyebut misi Chandrayaan-3 dan penanganan Covid-19 sebagai salah satu hal paling berdampak yang dilakukan India dalam 10 tahun terakhir.

"Misi Chandrayaan-3 mempunyai dampak besar pada persepsi orang India di luar negeri. Dan yang terakhir, seperti yang saya katakan, sebagian besar dari misi ini adalah tentang negara yang memiliki kemampuan untuk membela dirinya sendiri, demi kepentingannya, demi warganya, bertahan terhadap tekanan, dan dalam arti tertentu, Anda tahu, memancarkan kepribadian dan budayanya sendiri,” kata dia lagi.


Korea Selatan Siap Saingi Petualangan India dan China di Ruang Angkasa

Sebelumnya

Starlink Berbahaya Bagi Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tech