post image
Northrop Grumman RQ-4 Global Hawk
KOMENTAR

Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) berencana menghentikan operasional drone pengintai Northrop Grumman RQ-4 Global Hawk pada akhir tahun 2027 mendatang.

Informasi itu terungkap dalam surat USAF kepada Northrop Grumman, yang diperoleh Breaking Defense, seperti dikutip dari AeroTime.

Surat tersebut menyatakan bahwa armada RQ-4 saat ini akan mencapai akhir masa pakainya pada tahun 2026. Namun, juru bicara USAF mengklarifikasi bahwa layanan tersebut berencana untuk menutup operasi RQ-4 pada tahun keuangan 2027.

Surat itu menyangkut RQ-4 Block 40, modifikasi terbaru dari pesawat, mengisyaratkan fakta bahwa tidak ada perbaikan lebih lanjut yang akan dilakukan.

RQ-4 adalah pesawat tak berawak dengan kemampuan jelajah di ketinggian tinggi dan kemampuan terbang untuk waktu yang sangat lama. Pesawat ini mulai beroperasi pada tahun 1998 dan tetap menjadi salah satu pesawat pengintai dan pengintai utama untuk USAF.

Ia dapat membawa muatan hingga 1.360 kilogram (3.000 pon) dan tetap mengudara hingga 30 jam.

Tipe ini juga telah diakuisisi oleh Korea Selatan dan Jepang, sementara dua pesawat telah dipindahkan ke NASA untuk uji ketinggian.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA