post image
KOMENTAR

Setelah lima bulan menjalankan misi di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), kini empat astronot yang mengendarai SpaceX kembali pulang ke Bumi pada Sabtu malam (11/3).

Kapsul Naga yang berisi empat awak berkewarganegaraan AS, Rusia, dan Jepang mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Florida dekat Tampa, 19 jam setelah keluar dari stasiun antariksa.

Dipimpin oleh Nicole Mann dari NASA,  seluruh astronot berhasil mendarat di Bumi dengan selamat dan kembali ke rumah.

"Itu adalah perjalanan yang luar biasa. Kami senang berada di rumah," pesan Mann di radio beberapa saat setelah pendaratan, seperti dimuat Associated Press.

Mann, mengaku tak sabar untuk merasakan angin menerpa wajahnya, mencium bau rumput segar, dan menikmati makanan Bumi yang lezat.

Sementara astronot Jepang, Koichi Wakata mendambakan sushi dan kosmonot Rusia, Anna Kikina sangat ingin minum teh panas dari cangkir asli, bukan dari kantong plastik.

Mereka dikirim ke ruang angkasa sejak Oktober tahun lalu untuk membersihkan sampah antariksa dan menangani sepasang kapsul Rusia yang bocor.

Mereka batal pulang awal pekan lalu karena angin kencang dan ombak di zona splashdown yang membuat mereka tetap berada di stasiun dalam beberapa hari.

Yang tertinggal di stasiun ruang angkasa saat ini adalah tiga orang Amerika, tiga orang Rusia, dan satu dari Uni Emirat Arab.


Korea Selatan Siap Saingi Petualangan India dan China di Ruang Angkasa

Sebelumnya

Starlink Berbahaya Bagi Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tech