post image
KOMENTAR

Rasanya pramugari dan pramugara salah satu profesi yang diimpikan banyak anak muda dan remaja. Gambaran umumnya adalah perjalanan ke banyak tempat, supel dan selalu terlihat rapi juga gembira.

Baru-baru ini Detik.com merangkum gaji awak kabin sejumlah maskapai utama di Indonesia. Yuk kita intip.

1. Pramugari Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan ternama tanah air yang menawarkan gaji fantastis. Setiap bulannya, total gaji pokok, tunjangan serta bonus yang bisa didapatkan oleh pramugari senior Garuda Indonesia dikabarkan mencapai Rp 30 juta.

Sedangkan besaran penghasilan yang diterima pramugari junior adalah sekitar Rp 15 juta per bulan. Selain itu, tunjangan yang diterima pramugari Garuda Indonesia diantaranya mencakup uang makan, uang pergi, tunjangan hari raya (THR), tunjangan kesejahteraan, dan insentif.
 
2. Pramugari Air Asia

Air Asia adalah jasa maskapai penerbangan asal negeri jiran Malaysia, yang banyak digunakan pelancong di Indonesia. Pramugari junior maupun senior yang bekerja di perusahaan penerbangan ini bisa mengantongi gaji dengan kisaran Rp 4.000.000-Rp 6.000.000 per bulannya.

Di samping gaji pokok, pramugari Air Asia juga akan mendapatkan bonus mulai dari Rp 50.000 per jam. Dengan kata lain, jika seorang pramugari bekerja selama 6 jam dalam sehari, maka ia bisa mendapatkan uang saku hingga Rp 300.000.

3. Pramugari Lion Air

Lion Air termasuk perusahaan penerbangan yang menawarkan besaran gaji menjanjikan bagi pramugarinya. Dalam sebulan, pramugari junior bisa memperoleh gaji pokok dan bonus sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Kemudian untuk kalangan pramugari senior, berkisar Rp 5 juta sampai dengan Rp 6 juta per bulan. Jika dihitung secara keseluruhan dengan bonus, asuransi, uang terbang, dan jaminan kesehatan, total gaji yang diterima pramugari Lion Air diperkirakan mencapai Rp 15 juta hingga Rp 20 juta.

4. Pramugari Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan maskapai penerbangan yang terkenal akan pelayanan pramugarinya yang mumpuni. Tentunya, maskapai Sriwijaya Air juga mempertimbangkan kesejahteraan pramugarinya dengan memberikan gaji yang cukup tinggi.

Diketahui, gaji pokok beserta bonus yang diberikan bagi pramugari Sriwijaya Air berada di kisaran Rp 19 juta per bulan.

5. Pramugari Citilink

Citilink yang merupakan anak perusahaan dari perusahaan Garuda Indonesia, menetapkan nominal gaji berbeda untuk pramugari junior dan senior. Untuk pramugari junior, diberikan gaji pokok sebanyak Rp 4 juta per bulan.

Sementara itu, pramugari senior menerima gaji pokok sebesar Rp 6 juta per bulan. Bila gaji pokok di total dengan tunjangan lainnya seperti uang terbang dan uang kerajinan, seorang pramugari Citilink bisa berpenghasilan hingga Rp 20 juta per bulannya, lho.

6. Pramugari Batik Air

Dalam perusahaan ini, semakin lama jam terbang seorang pramugari, maka akan semakin besar pula penghasilan yang akan didapatkan. Misalnya, jika seorang pramugari menjalani 25 hari terbang dalam sebulan, maka ia bisa mendapatkan gaji pokok sekitar Rp 3 juta.

Sedangkan jika ditambah uang terbang dan uang makan, gaji yang diterima bisa mencapai Rp 10 juta per bulannya.

7. Pramugari Super Air Jet

Meski baru berdiri sejak Maret 2021 lalu, maskapai Super Air Jet menyediakan gaji yang layak untuk para pramugarinya. Jika gaji pokok diakumulasi dengan bonus lainnya, besaran penghasilan yang didapatkan pramugari Super Air Jet diperkirakan menembus Rp 14 juta per bulan.

Nah, itu dia rincian kisaran gaji pramugari di sejumlah maskapai penerbangan ternama Indonesia. Semoga informasi tadi bisa menjadi gambaran bagi detikers yang tertarik berkarir sebagai pramugari.


Penny Burtt, Wanita Pertama yang Memimpin Boeing di Asia Tenggara

Sebelumnya

Lion Air Group Buka Pendaftaran Calon Pramugara-Pramugari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Air Crew