post image
Penumpang padati Terminal 2 Bandara Soetta/Net
KOMENTAR

Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dipadati oleh ribuan penumpang, Kamis pagi (14/5). Mereka bepergian lantaran pemerintah memberikan kelonggaran dengan membuka sejumlah moda transportasi.

Padahal, kata pengamat aviasi, Arista Atmadjati, peraturan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memberikan kelonggaran membuka transportasi hanya untuk orang tertentu, seperti TNI, Polri serta tim medis.

"Yang boleh pergi kan harusnya orang-orang tertentu, tapi itu aturan kan sulit dipahami oleh awam di lapangan, atau awam ini menganggap seperti ada celah mudik," ujar Arista kepada <i>Zona Terbang</i>, Kamis (14/5).

Dia menambahkan dalam foto yang tersebar di sosial media yang menunjukkan ribuan orang antri di Terminal 2 Bandara Soetta, maka diyakini masyarakat berbondong-bondong untuk mudik, bukan pejabat yang sedang berdinas.

"Kalau melihat foto itu di T2 saya enggak yakin mereka sedang dinas. Akhirnya yang bisa jadi cari akal rekayasa surat jalan dan lain-lainnya," tambahnya.

Arista meminta pemerintah untuk memberikan sanksi tegas baik kepada maskapai penerbangan yang membuka jalur penerbangan hingga mengundang warga yang membludak, dan juga masyarakat yang bandel.

"Pemerintah harus ada law enforcement, maskapai itu isi maksimal 50 persen. Dan yang rekayasa surat, kalau perlu kena pidana atau denda tinggi sekali. Untuk maskapai, sampai dengan pembekuan rute yang dia langgar, misalnya full passenger dari Jakarta ke Yogyakarta rute itu yang dibekukan," tandasnya.


Pungutan Iuran Dana Pariwisata Ditolak

Sebelumnya

STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews