post image
Sukhoi SU-27 Rusia/Net
KOMENTAR

Pesawat tempur Sukhoi Su-27 Rusia bergegas mencegat dua pesawat pengintai Amerika Serikat (AS) di atas Laut Hitam. Informasi ini disampaikan oleh Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia.

"Pasukan tempur Rusia terus melakukan pengawasan di atas udara kepada target dari jarak yang aman, dan mengidentifikasi bahwa mereka adalah pesawat pengintai RC-135 Angkatan Udara AS dan pesawat patroli pangkalan P-8A Poseidon Angkatan Laut AS," kata Pusat Kontrol, dikutip dari Interfax, Senin (10/8).

Tak lama, pesawat pengintai itu menjauh, mereka memindahkan arahnya dari perbatasan nasional Federasi Rusia. Setelah dirasa aman, pesawat tempur Rusia dengan selamat kembali ke pangkalan, katanya lagi.

Penerbangan Su-27 Rusia dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara. Pusat Kontrol menegaskan, pelanggaran perbatasan Federasi Rusia oleh pesawat pengintai Amerika tidak diizinkan.

Sejak Rusia menganeksasi Crimea dan hubungan antara Rusia dengan Ukraina memanas, AS telah meningkatkan pengawasannya terhadap Rusia.

AS menganggap Rusia provokatif atas tindakan yang telah negara tersebut perbuat.

Militer Rusia sebelumnya melaporkan intersepsi serupa di Laut Hitam pada tanggal 23, 24, 27, dan 31 Juli dan pada tanggal 5, 7, dan 9 Agustus. Setiap kali, intersepsi dilakukan oleh pesawat tempur generasi keempat Su-27 (dirancang oleh Sukhoi, bagian dari pasukan patroli pertahanan udara).

Pada 7 Agustus, militer Rusia mengatakan bahwa tiga pesawat tempur Su-35 telah terbang untuk mencegat pembom strategis B-1B Amerika di atas perairan Laut Okhotsk.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA