post image
Danis Murib, saat masih menjadi prajurit TNI (kiri) dan setelah bergabung dengan OPM./Puspen TNI
KOMENTAR

Pasukan TNI mengejar gerombolan Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Undius Kogoya yang menembak warga sipil dan melakukan pembakaran di wilayah Kabupaten Paniai.

Puspen TNI di akun Instagram melaporkan, pada hari Jumat (14/6) pasukan TNI berhasil merebut wilayah Distrik Bibida.

“Menghadapi upaya gangguan OPM tersebut, para tokoh masyarakat yang mewakili suara para warga Bibida, telah menyampaikan dukungannya terhadap Operasi Pengejaran dan Penindakan kepada OPM,” tulis Puspen TNI. Disebutkan, hari Senin kemarin (17/6), Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon, memerintahkan Panglima Komando Operasi TNI (KOOPS TNI) Habema beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus, untuk melanjutkan Operasi Pengejaran.

Dalam operasi itu, pasukan TNI berhasil menembak dua orang anggota OPM. Salah seorang anggota OPM yang tewas dalam serangan itu adalah Danis Murib.

“Perlu diketahui bahwa Danis Murib merupakan seorang desertir TNI yang terakhir berpangkat Prajurit Dua (Prada) anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua,” tulis Puspen TNI.

“Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Prov. Papua Tengah, pada tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT yang lalu,” sambung keterangan itu lagi. Puspen TNI juga mengatakan, keberhasilan Prajurit TNI menembak Danis Murib telah menunjukkan profesionalisme Prajurit TNI dalam menembak di ujung laras, sehingga tidak salah sasaran. Lebih lanjut, keberhasilan tersebut juga telah menambah deretan nama-nama tokoh OPM yang telah mati dan mengurangi kekuatan personel OPM.


Tiongkok Gunakan Budha sebagai Pondasi Klaim atas Uighur, Haruskah India Menguasai Beijing?

Sebelumnya

Humble Hard Power: Indonesia Dalam Menghadapi Isu Laut China Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Global Politics