post image
Rudal yang ditembakkan Korea Utara/CNA
KOMENTAR

 Militer Amerika Serikat mengklaim berhasil menguji coba rudal balistik antarbenua Minuteman III tanpa senjata dari sebuah pangkalan di California pada Rabu (3/10).

Saat ujicoba, rudal tersebut berhasil melintasi wilayah Samudra Pasifik.

Dalam keterangannya, seperti dimuat Channel News Asia, Komando Serangan Global Angkatan Udara Amerika Serikat, menjelaskan bahwa rudal itu diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg pukul 1.13 pagi waktu setempat. Rudal berhasil menempuh jarak 6.750 km melintasi Samudra Pasifik ke Atol Kwajalein di Kepulauan Marshall.

"Ujicoba ini menunjukkan bahwa pencegah nuklir Amerika Serikat kuat, fleksibel, siap dan dirancang secara tepat untuk mencegah ancaman abad ke-21 dan meyakinkan sekutu kita," katanya.

Sementara itu, di hari yang sama, menurut keterangan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), Korea Utara menembakkan apa yang tampak sebagai rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.

Rudal itu diyakini sebagai salah satu model Pukkuksong-3 atau rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) yang sedang dikembangkan oleh Korea Utara.

"Rudal balistik tipe baru ditembakkan dalam mode vertikal," begitu kabar yang dimuat KCNA.

Namun militer Amerika Serikat mengklaim bahwa ujicoba yang dilakukan negeri Paman Sam tidak berkaitan dengan peristiwa global apapun.

"Peluncuran ujicoba bukan tanggapan atau reaksi terhadap peristiwa dunia atau ketegangan regional," tambahnya seperti dimuat Channel News Asia.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga