post image
KOMENTAR

KETIMBANG membiarkan lubuk sanubari digerogoti gundah-gulana akibat kemelut pemberitaan prahara E-KTP, Jiwasraya, mahar KPU, Asabri, Century, Virus Corona, Omnibus Law dan lain sebagainya, mari kita sejenak mengalihkan fokus perhatian batin dengan melakukan senam otak demi memecahkan empat teka-teki matematika terkait ekonomi sebagai berikut.

Teka-Teki

Teka-teki pertama: Sebuah sepeda motor listrik buatan Jerman dijual dengan banting harga discounted sebesar 14 2/7 prosen dari harga semula. Harga kini adalah 1.200 euro. Berapa euro harga sepeda motor listrik itu sebelum diturunkan?

Teka-teki kedua: Pabrik Wei-Hua mampu memproduksi 304 handphone dalam 8 jam. Berapa banyak handphone mampu diproduksi pabrik tersebut dalam setengah jam?

Teka-teki ketiga: Para petani bawang Indonesia mengekspor 3/4 hasil pertanian serta menjual 4/5 sisa hasil pertanian di pasar domestik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sendiri. Berapa prosen hasil pertanian bawang masih tersisa untuk kebutuhan lain lagi?

Teka-teki keempat:  Dalam mendirgahayu tahun jadi ke-101, Jamu Jago menjual produk unggulannya, yaitu Purwoceng dengan tidak hanya setengah harga namun masih ditambah bonus separuh bungkus produk Purwoceng kepada pelanggan setianya.

Pelanggan pertama memperoleh 50% dari sediaan produk di gudang Jamu Jago masih ditambah bonus berupa setengah bungkus Purwoceng. Pelanggan kedua memperoleh 50% dari sediaan produk yang tersisa di gudang Jamu Jago dan masih ditambah 1/2 bungkus Purwoceng.

Demikian pula selanjutnya bagi pelanggan ke 3 dan ke 4 memperoleh porsi yang sama. Kepada pelanggan ke-5, kepala pemasaran Jamu Jago mengeluarkan maklumat “Maaf, kini hanya ada sebungkus Purwoceng tersisa. Maka kami hadiahkan sebungkus Purwoceng tersisa ini secara gratis kepada Anda". Berapa bungkus produk Purwoceng semula tersedia di gudang Jamu Jago?

Jawaban

Jawaban untuk teka-teki pertama = 200 Euro. Teka-teki kedua = 19 handphone. Teka-teki ketiga = 5 % . Teka-teki ke empat = 31 bungkus Purwoceng (memang tinggal sedikit tersisa di gudang akibat laris dijual).

Bagi yang tidak setuju atas jawaban tersebut di atas atau merasa kenyamanan terganggu akibat dijengkelkan oleh empat teka-teki tersebut di atas atau malah merasa terhina sebab empat teka-teki ternyata terlalu mudah untuk dipecahkan, silakan menggugat ke Mahkamah Inkonstitusi atas dugaan pembuatan empat teka-teki tanpa bertanggung jawab dalam memberi penjelasan mengenai jawaban yang benar-benar benar.

Penulis adalah pembelajar teka-teki sebagai senam otak.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews