post image
Roket Atlas V 541 NASA yang meluncur dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida pada Kamis (30/7) pukul 07.50 waktu setempat atau 18.50 WIB/Net
KOMENTAR

Sebuah misi Mars milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station, Florida pada Kamis (30/7) pukul 07.50 waktu setempat atau 18.50 WIB.

Misi tersebut dinamai Mission Perseverance atau misi ketekunan, lantaran itu adalah hasil kerja sama banyak pihak selama bertahun-tahun.

"Misi ini adalah puncak dari kerja keras bertahun-tahun oleh ribuan orang, termasuk tim dari Jet Propulsion Laboratory NASA, Kennedy Space Center, Lockheed Martin, dan ilmuan di seluruh dunia," tulis NASA dalam situs resminya.

Peluncuran sendiri dilakukan oleh roket Atlas 541 yang membawa robot penjelajah Rover Perseverance. Robot tersebut akan melakukan perjalanan selama tujuh bulan untuk bisa sampai ke Planet Merah, atau tiba pada 18 Februari 2021.

Robot Perseverance memiliki misi eksplorasi untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars pada masa lampau. Selain itu, misi tersebut juga membawa Ingenuity, sebuah helikopter twin-rotor tanpa awak bertenaga surya yang akan menjadi pesawat pertama yang terbang di planet lain.

Dari laporan Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Udara AS, 80 persen kondisi cuaca memungkinkan untuk melakukan peluncuran.

Dari siaran langsung NASA di akun YouTube-nya, terlihat peluncuran berjalan dengan lancar. Sekitar empat setengah menit setelah peluncuran, dilakukan pemisahan dengan roket.

Close X

Bawa Pulang Ratusan Warga Kolombia, Garuda Pererat Hubungan Jakarta-Bogota

Sebelumnya

Penyelidikan Black Box Air India Express Yang Terperosok Di Kerala Dimulai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews