post image
KOMENTAR

Fasilitas testing Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta diperkuat dengan Mobile Laboratory Biosafety Level 2 Varian Bus yang dioperasikan, Rabu (6/1).

Mobile laboratory tersebut merupakan hasil inovasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang ditempatkan di Airport Health Center Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta untuk beberapa waktu ke depan sebagai bagian dari program Bakti Inovasi Teknologi yang dicanangkan BPPT.

Peresmian Mobile laboratory tersebut dilakukan President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin bersama Kepala BPPT Dr. Hammam Riza, dan Deputi 3 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi di Airport Health Center Terminal 3.

Muhammad Awaluddin mengatakan, kehadiran mobile laboratory ini semakin melengkapi fasilitas tes Covid-19 yang sudah ada sebelumnya di Bandara Soekarno-Hatta.

“Saat ini sudah terdapat 8 titik Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta sebagai fasilitas tes Covid-19 melalui rapid test antigen dan tes PCR dengan setiap harinya melayani tes bagi 3 ribu sampai dengan 5 ribu calon penumpang pesawat," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Dengan adanya mobile laboratory di Bandara Soekarno-Hatta, jelasnya, maka spesimen dari tes PCR dapat langsung diperiksa dan tidak harus dibawa ke laboratorium yang ada di luar bandara. Dengan demikian, hasil tes dapat diketahui lebih cepat

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin mengatakan Mobile Laboratory Biosafety Level-2 Varian Bus ini merupakan cikal bakal dari laboratorium permanen untuk testing Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta.

“Salah satu kriteria penanganan Covid-19 di bandara adalah keharusan memiliki fasilitas laboratorium untuk tes. Ini sesuatu yang standar, jangan sampai kita ketinggalan dari bandara-bandara lain di dunia," tandasnya.

Jokowi Ingin Bandara Kertajati Jadi Bengkel Pesawat, Alvin Lie: Tantangannya Tidak Mudah

Sebelumnya

Sekaligus, Presiden Jokowi Resmikan Bandara di Toraja dan Pantar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Airport