post image
KOMENTAR

Lion Air Group menjanjikan penerbangan yang semakin mudah dan aman bagi pengguna jasa maskapai itu. Caranya, dengan menyediakan layanan City Check-in  yang tersedia di seluruh kantor penjualan (ticketing Sales Office) seperti di Lion Air Tower Jakarta Harmoni, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, Pekanbaru, Padang, Yogyakarta, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Solo, dan Batam.
 
Lion Air Group menyatakan, senantiasa mengembangkan produk penerbangan baru sejalan dengan komitmen menyediakan cara yang cepat dan nyaman untuk check-in, serta bertujuan untuk menjaga setiap penumpang (para tamu) tetap aman saat bepergian menggunakan pesawat udara.
 
Dengan City Check-in yang ditawarkan ini akan ada sejumlah keuntungan bagi calon penumpang, seperti simpel, tanpa perlu antre di area check-in counter bandar udara, dan berlaku untuk penerbangan langsung dan tiket lanjutan menggunakan maskapai Lion Air Group.

Layanan City Check-in tersedia selama 24 jam di Lion Air Tower Jakarta, sementara  untuk kantor penjualan yang lain sesuai dengan jam operasional.

Dengan fasilitas ini calon penumpang juga bebas memilih tempat duduk, tentu saja selama persediaan seat tersedia, tanpa biaya tambahan.

Pembelian kuota bagasi tambahan (prepaid baggage) maksimal 30 kg per penumpang diskon khusus hingga 35 persen.

City Check-in berlaku bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan dengan prioritas tanpa bagasi, apabila calon penumpang membawa bagasi, maka saat di terminal keberangkatan wajib melaporkan kembali bagasi di counter check-in.

Di sisi lain ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan calon penumpang saat melakukan proses check-in dengan fasilitas ini. Penumpang diminta untuk menyiapkan seluruh syarat kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku, mempersiapkan dokumen seperti identitas resmi (KTP, paspor) dan lainnya yang diperlukan atau dibutuhkan.

Penumpang diperbolehkan membawa bagasi kabin (cabin baggage) terdiri 1 (satu) personal item dengan berat maksimal 7 kg, ukuran untuk bagasi pesawat jet 40 cm kali 30 cm kali 20 cm serta bagasi pesawat propeller (baling-baling) 35 cm kali 30 cm kali 20 cm.

Apabila membawa bagasi tercatat atau atau bagasi yang dititipkan (Checked Baggage), tetap harus melakukan pelaporan bagasi di check-in counter.

Informasi lain yang perlu diketahui calon penumpang adalah City check-in dibuka 24 jam hingga 4 (empat) jam sebelum waktu keberangkatan.

Penumpang yang sudah memiliki boarding pass dan tidak membawa bagasi tercatat atau bagasi yang dititipkan (checked baggage), dapat langsung menuju boarding gate tanpa harus cetak (print) boarding pass kembali di bandar udara.

Penumpang harus berada di ruang tunggu (waiting room/ boarding gate) 40 menit sebelum waktu keberangkatan sesuai jadwal yang tertera pada boarding pass.

Juga, harap melakukan konfirmasi ulang kepada petugas layanan di boarding gate mengenai aktual nomor ruang tunggu (gate) sesuai nomor dan jadwal penerbangan.

Apabila terjadi perubahan jadwal terbang oleh pihak maskapai, penumpang harus melakukan pengecekan jadwal terbaru di website dan melapor kembali di counter check-in terminal keberangkatan.

City Check-in dapat diwakilkan dengan cara membawa identitas valid dan masih berlaku bagi calon penumpang dan KTP pihak yang membantu untuk melakukan proses City Check-in.

Layanan “mobile apps” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”, sehingga menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan Lion Air Group.
 
Aplikasi ini dapat digunakan pada platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store.
 
Proses check-in lebih cepat, langkah praktis sebagai berikut:

1. Buka Mobile Apps dan pilih menu Online Check-in.
2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri 6 (enam) karakter yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan.
3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak).
4. Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).
5. Proses check-in selesai.
 
Layanan mobile check-in dan city check-In, tidak tersedia untuk rombongan tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking).

Juga tidak tersedia untuk tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udara misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya.

Juga untuk bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk.


Yusron Ihza: Pengurangan Bandara Internasional Ganggu Sektor Pariwisata

Sebelumnya

Pungutan Iuran Dana Pariwisata Ditolak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews