post image
KOMENTAR

MEMASUKI tahun 2024, tepatnya tanggal 18 Januari 2024 Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI)  mengawali kegiatan pertemuan bulanan atau Monthly Meeting kembali dalam format tatap muka.   Kegiatan ini sudah terhenti lebih dari 2 tahun karena wabah pandemi Covid 19.

Atas budi baik penasehat senior PSAPI Prof Dr IBR Supancana maka  Monthly Meeting kali ini diselenggarakan dan di fasilitasi oleh beliau di ruang Perpustakaan Atma Jaya Studies on Aviation, Outer Space and CyberLaws, Gedung C Kampus Unika Atma Jaya Jakarta.  Secara garis besar seluruh acara  monthly meeting kali ini berlangsung dengan lancar sesuai rencana.

Temu bulanan ini terlihat pula lebih sebagai temu kangen para anggota PSAPI yang sudah cukup lama tidak berjumpa. Diskusi dengan beberapa topik menarik antara lain tentang perkembangan FIR Singapura pasca penandatanganan perjanjian antara pemerintah Singapura dan Indonesia di tahun 2022.

Panel juga mendengarkan penjelasan dari apa yang telah dilakukan oleh Dr Supriabu dan teman teman dalam menggugat keputusan pemerintah  ke Mahkamah Agung mengenai pendelegasian wewenang pengelolaan wilayah udara NKRI di seputaran selat Malaka.

Gugatan itu pada garis besarnya mengingatkan pemerintah bahwa keputusan pendelegasian wilayah udara nasional tersebut bertentangan dengan UU no 1 tentang penerbangan tahun 2009.

Cukup banyak yang hadir antara lain terlihat Prof.Dr Supancana, Prof.Dr Makarim Wibisono, Heru Legowo, Capt. Christian Bisara, Capt. Noor Wahjudie, Capt Shadrach Nababan, Eris Herryanto, Sofian Pulungan, Tommy Tamtomo, Alex Ludi, Supri Abu dan lain lain.

Selesai diskusi yang diselingi ramah tamah temu kangen diakhiri  dengan Santap Siang bersama yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara dibawah koordinasi Prof Supancana.   Sesi fotop bersama mengakhiri monthly meeting siang itu yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan.

Menutup seluruh acara, para peserta menerima satu buku kumpulan artikel penulis berjudul “Kedirgantaraan Nasional” terbitan tahun 2024.

Direncanakan monthly meeting PSAPI berikutnya di bulan Februari akan dapat terselenggara di Universitas Nasional.   Harapannya setiap bulan monthly meeting PSAPI dapat terselenggara di institusi perguruan tinggi secara bergiliran.


Belajar dari Aneka Kecelakaan Pesawat Boeing

Sebelumnya

Chappy Hakim, Perwira yang Giat Berkarya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Chappy Hakim