PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) meluncurkan livery baru baru bertajuk The Flying Heritage of Indonesia’s Unity. Kehadiran livery ini merupakan hasil kolaborasi dengan brand fesyen Cap Bali dan menjadi bagian dari perayaan ulang tahun ke-80 Republik Indonesia.
Pesawat Garuda Indonesia dengan registrasi PK-GFU tipe Boeing 737-800NG menjadi media bagi dua seniman muda tanah air untuk mengekspresikan karya mereka. Erika Richardo menghadirkan ilustrasi People with Culture yang menampilkan karakter 16 suku bangsa Indonesia.
Sementara itu, Raka Jana menampilkan motif Jejak Garuda yang memadukan elemen budaya dan alam Nusantara, mulai dari anggrek, tenun sekomandi, hingga kayonan.
Wamildan Tsani, Direktur Utama Garuda Indonesia menyampaikan, peluncuran livery spesial ini menandai komitmen Garuda Indonesia untuk tidak hanya membangun konektivitas ke seluruh pelosok Nusantara, tetapi juga merajut kolektivitas sebagai bangsa.
“Desain livery ini menggambarkan narasi kebhinekaan Nusantara, serta diperkuat dengan logo 80 tahun kemerdekaan yang merefleksikan persatuan dan kemajuan, selaras dengan tema perayaan tahun ini,” katanya melalui keterangan resmi, Senin, 18 Agustus 2025.
Penerbangan perdana pesawat dengan livery khusus ini dijadwalkan dari Jakarta menuju Samarinda pada 16 Agustus 2025. Selanjutnya, livery tersebut akan tampil dalam penerbangan tematik Special Flight peringatan HUT ke-80 pada 17 Agustus 2025 dengan rute Jakarta–Denpasar (GA-422).
Dalam kesempatan itu, penumpang juga akan disuguhkan berbagai layanan istimewa yang dikemas khusus untuk memperingati hari kemerdekaan. Selain menghadirkan karya visual pada pesawat, Garuda Indonesia dan Cap Bali juga memberikan promo spesial berupa diskon hingga 30% melalui program GarudaBoardingPass yang berlaku di seluruh gerai Cap Bali.
Tak hanya itu, Cap Bali juga berencana menghadirkan koleksi fesyen baru dengan desain turunan dari livery spesial tersebut. Wamildan menyebut, ke depannya, Garuda Indonesia akan terus menjajaki berbagai skema kolaborasi bersama brand unggulan lain, termasuk dari pelaku ekonomi kreatif dari seluruh Nusantara.
“Melalui kerja sama ini, kami berharap Garuda Indonesia bukan hanya dapat memperkuat posisinya sebagai maskapai kebanggaan nasional, namun juga mengedepankan peran strategisnya sebagai pendorong tumbuhnya karya terbaik putra-putri bangsa,” tuturnya.
Sementara itu, Putu Fitri Ertaningsih Direktur Cap Bali menambahkan, sejalan dengan misi Garuda Indonesia, Cap Bali juga berkeinginan menceritakan warisan budaya Indonesia melalui fesyen ready-to-wear.
Sentuhan budaya dalam fesyen kekinian menghadirkan warisan motif Indonesia dalam balutan Cap Bali yang dapat diterima lintas kalangan, tetap nyaman, dan serasi digunakan di berbagai momen.
“Hingga pada akhirnya, setiap insan bangga mengenakan motif Indonesia. Kami haturkan terima kasih kepada Garuda Indonesia atas dukungan yang membawa Cap Bali terbang lebih tinggi, mengantarkan warisan budaya Indonesia menjangkau dunia lebih luas,” kata dia.
KOMENTAR ANDA