post image
Presiden Kim Jong Un dan Presiden Vladimir Putin bertemu di Rusia Timur, Septembr 2023.
KOMENTAR

Rusia dilaporkan telah melepas aset Korea Utara senilai jutaan dolar AS yang selama ini dibekukan sebagai konsekuensi dari sanksi internasional.

Langkah Rusia ini kemungkinan besar demi membantu sekutunya yang terpencil itu untuk mendapatkan akses ke jaringan perbankan internasional. Juga disebutkan, Rusia bersedia melepas aset Korea Utara setelah rezim Kim Jong Un mengirimkan senjata ke Moskow yang  digunakan untuk melawan Ukraina.

Seperti dikutip dari New York Times (NYT), bulan lalu Gedung Putih juga mengaku memiliki bukti Korea Utara telah mengirimkan rudal balistik ke Rusia, dan bahwa Korea Utara meminta perangkat keras militer sebagai imbalannya. Selain itu, Pyongyang pun tampaknya telah mengirimkan tak kurang dari 2,5 juta butir amunisi.

Meski tidak jelas apakah Rusia telah memberikan teknologi militer yang mungkin diinginkan Korea Utara, hubungan perbankan ini menjadi tanda lain dari perkembangan hubungan Rusia dan Korea Utara.

Perluasan kemitraan ini kemungkinan besar telah menambah keberanian Korea Utara mengeluarkan serangkaian ancaman yang bersifat agresif  kepada AS beberapa bulan terakhir.

Bank di Ossetia Selatan

Rusia telah mengizinkan pelepasan aset Korea Utara yang dibekukan senilai 9 juta dolar AS dari 30 juta dolar AS yang disimpan di lembaga keuangan Rusia. Menurut para pejabat intelijen, uang itu akan digunakan Korea Utara yang miskin untuk membeli minyak mentah.

Selain itu, sebuah perusahaan Korea Utara baru-baru ini membuka rekening di bank Rusia lainnya. Informasi ini menjadi bukti bahwa Moskow mungkin membantu Pyongyang menghindari sanksi PBB yang melarang sebagian besar bank melakukan bisnis dengan Korea Utara. Sanksi-sanksi tersebut telah menghambat perekonomian Korea Utara dan menutup sebagian besar negara tersebut dari jaringan keuangan internasional.

Rekening bank baru tersebut disimpan di Ossetia Selatan, sebuah negara yang memproklamirkan diri sebagai negara merdeka di wilayah Kaukasus dan memiliki hubungan dekat dengan Rusia.

Di sisi lain, masih menurut NYT, para pejabat Amerika mengatakan mereka tidak dapat mengkonfirmasi secara spesifik pengaturan perbankan tersebut. Namun seorang pejabat senior, yang meminta tidak disebutkan namanya ketika berbicara mengenai masalah intelijen, mengatakan bahwa pengaturan tersebut sesuai dengan harapan AS mengenai apa yang akan diminta Korea Utara dari Rusia.

Menurut para ahli, akses terhadap jaringan keuangan hanyalah salah satu hal yang ada dalam daftar keinginan Korea Utara. Menurut mereka, apa yang paling diinginkan Korea Utara dari Rusia adalah perangkat keras militer canggih, seperti teknologi satelit dan kapal selam bertenaga nuklir.

Hubungan yang lebih erat telah membuahkan hasil diplomasi. Setelah pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, bertemu dengan Vladimir V. Putin di Rusia timur pada musim gugur lalu, di bulan Januari Putin menerima Menteri Luar Negeri Korea Utara, Choe Son-hui, di Moskow.

Dalam pertemuan tersebut, Putin mengisyaratkan bahwa ia akan segera mengunjungi Pyongyang, yang merupakan perjalanan pertamanya ke ibu kota Korea Utara dalam hampir 25 tahun, menurut media pemerintah Korea Utara.

Pengaturan perbankan ini bisa berdampak signifikan bagi Korea Utara, yang bergantung pada impor untuk menopang sebagian besar perekonomiannya. Hubungan tersebut dapat memfasilitasi transaksi tidak hanya di Rusia tetapi juga di luar negeri. Korea Utara dapat memanfaatkan hubungan Moskow dengan beberapa negara, termasuk Turki dan Afrika Selatan, yang masih melakukan perdagangan dengan Rusia setelah negara tersebut terkena sanksi internasional terkait perang di Ukraina.

Jika Moskow mengizinkan Korea Utara untuk menggunakan bank-bank Rusia atau melepaskan aset-aset yang dibekukan, pemerintah akan “melanggar batas kesediaan untuk berurusan dengan Korea Utara dan menjadi penjahat finansial dan komersial,” kata  mantan asisten Menteri Keuangan dan ahli kejahatan keuangan, Juan C. Zarate.

Meskipun pelepasan aset beku sebesar 9 juta dolar AS yang dilakukan Rusia relatif kecil, kata Zarate, Korea Utara menyambut baik segala cara alternatif untuk mengakses modal.

PBB dan Amerika Serikat telah menjatuhkan serangkaian sanksi terhadap Korea Utara sebagai tanggapan atas larangan uji coba senjata nuklir mereka. Sanksi perbankan menjadi salah satu tantangan bagi Korea Utara dan menjadi alasan mengapa mereka terus terang kreatif dalam mengatur keuangan mereka, termasuk penggunaan mata uang kripto, kata Zarate.

Bagi Rusia, transaksi keuangan mungkin lebih cocok dibandingkan memasok keahlian militer, nuklir, dan teknologi lainnya.

Sementara seorang mantan agen CIA, Soo Kim, yang kini menjadi analis Korea Utara, mengatakan, meski kedua negara saat ini tampak berteman, namun kepercayaan mereka tidak terlalu besar, sehingga Rusia akan membocorkan rahasia-rahasia Korea Utara yang berharga.

Para ahli mengatakan, Rusia akan bertindak hati-hati karena masih memperhatikan sanksi PBB. Bagaimana pun juga Rusia adalah anggota tetap Dewan Keamanan. Rusia mungkin percaya bahwa mereka dapat menghindari sanksi tersebut dengan cara yang dapat disangkal.

Menurut profesor ilmu politik dari Temple University di Tokyo yang memiliki spesialisasi hubungan antara Rusia dan Asia Timur, James D.J. Brown,  Rusia bisa saja nanti akan mengatakan, “Ini adalah bank swasta dan penyelidik kami akan memeriksanya.” Lalu hubungan itu pun tidak akan berlanjut lebih jauh lagi.

Di luar hubungan perbankan, Rusia mungkin hanya melakukan barter barang yang dibutuhkan Korea Utara dengan imbalan senjatanya.

“Apa yang logis bagi Korea Utara adalah melakukan pertukaran biji-bijian dan teknologi pertanian seperti traktor, yang dilarang karena sanksi,” kata Hazel Smith, seorang pakar Korea di School of Oriental and African Studies di University of London.

“Mengingat sulitnya nilai rubel dan kurangnya nilai won Korea Utara, sangat sulit untuk memahami mengapa transaksi besar antara Rusia dan Korea Utara dilakukan dalam rubel,” tambahnya.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga