post image
Drone BZK-005 milik China
KOMENTAR

Sepanjang bulan Juni ini, Taiwan telah memantau kehadiran pesawat-pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China sebanya 54 kali dan kehadiran kapal perang China (PLAN) sebanyak 62 kali.

Kehadiran kapal dan pesawat China ini merupakan bagian dari taktik zona abu-abu yang diterapkan China sejak September 2020 untuk menekan Taiwan yang masih dianggap China sebagian bagiannya.

Kehadiran terakhir armada udara dan kapal perang China terpantau Kementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan antara pukul 6 pagi pada hari Kamis (6/6) dan pukul 6 pagi pada hari Jumat (7/6).

Dari enam pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), satu drone Tiongkok terdeteksi di sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, dan satu helikopter PLA terlacak di ADIZ tenggara, menurut MND.

Sebagai tanggapan, Taiwan mengirimkan pesawat dan kapal angkatan laut serta mengerahkan sistem rudal berbasis pantai untuk memantau aktivitas PLA.

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai “suatu upaya atau serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan yang ditetapkan dalam upaya untuk mencapai tujuan keamanan tanpa menggunakan kekuatan langsung dan dalam jumlah besar.”


Aktivitas Tiongkok Langgar Batas Udara Taiwan Meningkat Signifikan

Sebelumnya

Ditemukan Teknologi Huawei di Pangkalan Militer Taiwan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Military