post image
Bessie Coleman, wanita kulit hitam pertama yang memperoleh lisensi pilot.
KOMENTAR

Untuk mengenang Bessie Coleman, maskapai American Airlines melakukan penerbangan yang semuanya dioperasikan oleh wanita keturunan Afrika-Amerika, Jumat (19/8).

Bessie Coleman adalah wanita berkulit hitam pertama yang memperoleh lisensi sebagai pilot di tahun 1921 silam. Penerbangan perdananya dilakukan setahun setelah mengantongi lisensi itu.

Bessie Coleman lahir pada 26 Januari 1892 di Atlanta, Texas, dan meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan pesawat di Jacksonville, Florida, pada April 1926.

Seluruh awak pesawat dalam penerbangan American Airlines dari Dallas menuju Phoenix untuk mengenang Coleman adalah wanita berkulit hitam. Bukan itu saja, petugas darat check in counter, awak kargo, mekanik pesawat dan bahkan pengontrol lalu lintas udara.

Penerbangan dipimpin Kapten Beth Powell dan First Officer Charlene Shortte, keduanya pilot Boeing 737.

Menurut kelompok nirlaba Sisters of the Skies, penerbangan itu sangat penting karena kurang dari 1 persen pilot di AS adalah wanita kulit hitam.

American Airlines dalam rilisnya juga mengakui kekurangan itu.

"Perempuan kulit hitam sangat kurang terwakili dalam industri penerbangan, terutama sebagai pilot, mewakili kurang dari 1 persen dalam industri penerbangan komersial," tulis American Airlines dalam rilis.

"Melalui American Airlines Cadet Academy, maskapai ini berkomitmen untuk memperluas kesadaran dan meningkatkan aksesibilitas ke karir pilot dalam komunitas yang beragam,” sambung pernyataan itu lagi.

Penerbangan untuk menghormati Bessie ini juga diikuti salah seorang kerabatnya, Gigi Coleman.

Gigi Coleman adalah keponakan Bessie Coleman.

Dalam sebuah video promosi untuk maskapai, Gigi mengatakan dirinya tersentuh oleh sikap maskapai menghargai bibinya.

"Saya berterima kasih kepada American Airlines yang memberi kami kesempatan ini untuk menyoroti prestasi bibi saya yang hebat di bidang penerbangan," kata Gigi Coleman.

Semenetara Kapten Beth Powell dalam video yang sama mengatakan dirinyua sangat senang menjadi bagian dari kru penerbangan ini.

“Kami menginspirasi gadis-gadis muda, gadis-gadis muda kulit berwarna, untuk melihat berbagai peran yang dimainkan para wanita ini dalam setiap aspek untuk memungkinkan penerbangan ini," tambah Kapten Powell.

Setelah penerbangan, pilot American Airlines dan peserta pelatihan pilot bertemu dengan siswa di Akademi di South Mountain di daerah Phoenix untuk menyebarkan kesadaran dan mendiskusikan karir dalam penerbangan.


Lisa Marie, Convair 800 Kebanggan Elvis Presley

Sebelumnya

Pesawat-pesawat Ikonik dalam Sejarah Pertempuran Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Histoire

image

Legacy