post image
Letnan Quentin Roosevelt
KOMENTAR

Namanya Quentin Roosevelt. Anak dari Theodore Roosevelt, Presiden Amerika Serikat dari 1901 sampai 1909. Quentin merupakaan satu-satunya putra presiden AS yang tewas dalam operasi militer.

Mewarisi kehebatan intelektual ayahnya, Quentin diterima di Harvard College pada tahun 1915. Karena Perang Dunia I, Quentin tidak menyelesaikan pendidikan di universitas Ivy League itu.

Seperti tiga kakaknya, Theodore III atau Ted (lahir 1887), Archibald atau  Archie (lahir 1894), dan Kermit (lahir 1889), Quentin akhirnya menempuh pendidikan militer.

Pada tahun 1915, Quentin ditugaskan di kamp yang dipimpin Mayor Jenderal Leonard Wood. Lalu ia bertugas di Skuadron Cadangan Aero ke-1, berlatih di Long Island, New York sebelum dikirimkan ke Prancis sebagai letnan. Tak lama kemudian, ia bergabung dengan Skuadron Aero ke-95, bagian dari Grup Pengejaran ke-1.

Quentin mengemudikan pesawat tempur Nieuport 28 C.1 buatan Prancis, sebuah biplan yang melakukan penerbangan perdananya pada bulan Juni 1917.

Spesifikasi Nieuport 28
Panjang Badan Pesawat: 21 kaki 4 inci (6,5 m)
Lebar Sayap: 26 kaki 9 inci (8,16 m)
Luas sayap: 70 kaki persegi (15,8 m2_)
Tinggi: 8 kaki 2 inci (2,5 m)
Berat kosong: 1.047 lb (475 kg)
Berat kotor: 1.235 pon (560 kg)
Kecepatan udara maksimum: (198 km/jam; 107 kn) pada ketinggian 6.600 kaki (2.000 m)
Jarak tempuh: 17.400 kaki (349 km; 188 nmi)
Langit-langit layanan: 17.400 kaki (5.300 m)
Persenjataan: Dua senapan mesin Vickers kaliber .303 (7,7 mm) yang menembak ke depan

Meskipun Nieuport 28 tidak mencapai ketenaran atau jumlah pembunuhan yang mengesankan seperti Sopwith Camel Inggris, dia masih merupakan pesawat tempur yang sangat mumpuni. Cocok untuk seorang raja atau mungkin lebih tepatnya dalam hal ini, cocok untuk putra seorang POTUS.

SimpleFlying mencatat kisah Quentin tidak berakhir bahagia. Namun yang menjadi penghiburan bagi ayahnya adalah mengetahui bahwa putra bungsunya tidak menyerah dalam perkelahian. Seperti yang dicatat dalam artikel 30 April 2024 untuk War History Online:

"Saat berada di udara, Quentin Roosevelt menunjukkan kehebatannya sebagai pilot tempur, mengamankan pembunuhan pertamanya yang dikonfirmasi pada 10 Juli 1918, selama Serangan Musim Semi Jerman."

Namun, artikel tersebut mencatat bahwa Letnan Roosevelt memiliki bakat untuk melakukan kecerobohan yang telah menjangkiti dirinya sejak masa kanak-kanak, yang mungkin memberikan beberapa gambaran tentang nasibnya yang akan datang:

"[Dengan] sesama pilot dan penerima Medali Kehormatan, Kapten Eddie Rickenbacker, pernah berkomentar: 'Dia sangat ceroboh sampai-sampai komandannya harus memperingatkannya berulang kali tentang betapa tidak masuk akalnya sikap kurang hati-hati itu. Keberaniannya begitu terkenal. bahwa kita semua tahu dia akan mencapai kesuksesan besar yang spektakuler atau terbunuh dalam upayanya. Bahkan pilot dalam penerbangannya sendiri akan memintanya untuk menyelamatkan diri dan menunggu kesempatan yang adil untuk meraih kemenangan nasihat.'"

Oleh karena itu, pada tanggal 14 Juli 1918, hanya empat hari setelah mengantongi pembunuhan pertama, dan empat bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-21 dan berakhirnya perang, Letnan Quentin terbunuh dalam aksi di tangan Jerman, di atas Chamery, sebuah komune di departemen Marne di timur laut Perancis.

Artikel War History Online menguraikan:

“Dia terkena dua peluru senapan mesin, yang menembus kepalanya, membunuhnya. Nieuport 28 C.1 yang dia kendarai jatuh dan ditemukan oleh Jerman... Belum dipastikan siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas hal tersebut. membunuh putra Theodore Roosevelt. Tiga pilot Jerman telah diberi penghargaan sepanjang sejarah, namun tidak satupun dari mereka yang secara konkrit bertekad sebagai orangnya. Mereka adalah: Sersan Carl Graeper, Lt. Karl Thom dan Lt. Christian Donhauser."

Jerman menguburkan Quentin dengan penghormatan militer penuh dan menandai makamnya dengan salib yang dibuat dari dua potong kayu dan kawat yang diselamatkan dari pesawatnya. Di salib itu, mereka menuliskan kata-kata:

"Leutnant Q. Roosevelt
Geehrt und begraben von der kaiserlichen deutschen Armee."

(Letnan Q. Roosevelt
Dihormati dan Dimakamkan oleh Tentara Kekaisaran Jerman.)

Setelah Sekutu merebut wilayah dari Jerman dalam perjalanan menuju kemenangan akhir mereka, makamnya menjadi tempat ziarah bagi ribuan tentara Sekutu yang terinspirasi oleh keberaniannya; pada tahun 1955, jenazahnya digali dan dimakamkan kembali di Pemakaman Amerika Perang Dunia II di Colleville-sur-Mer.

Di antara sekian banyak penghormatan kepada Quentin Roosevelt yang ada saat ini:

1. Komunitas Quentin, Pennsylvania, di Lebanon County

2. Sebuah jalan di Château-Thierry, Prancis bernama rue Quentin Roosevelt

3. Garden City, New York memiliki Quentin Roosevelt Boulevard dan Roosevelt Field (sebelumnya merupakan lapangan terbang dan sekarang menjadi lokasi Roosevelt Field Mall)

4. Jalan Quentin Roosevelt di Pangkalan Udara Angkatan Laut (NAS) Pulau Utara, San Diego, California


Selama Ini Diselimuti Adat, Bangkai Pesawat Eks Perang Dunia Kedua Ditemukan

Sebelumnya

Pertempuran Udara Terbesar, Para Pembunuh di Langit Kursk

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Histoire