post image
KOMENTAR

Kehadiran Kapal Angkatan Laut India (INS) Jatayu di Pulau Minocoy merupakan bagian dari komitmen negara untuk menjaga kepentingan maritim di wilayah strategis Lakshadweep yang berada di selatan Laut Arab. INS Jatayu siap memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran domain maritim dan memperkuat kemampuan makanan dan pengawasan Angkatan Laut India di wilayah tersebut.

Demikian antara lain dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut India, R Hari Kumar, mengenai pengoperasian INS Jatayu di perairan Pulau Minicoy, hari Rabu (8/3).

Pengoperasian INS Jatayu menandai tonggak penting dalam kemampuan Angkatan Laut India di wilayah tersebut.

"Pengoperasian INS Jatayu di Minicoy memiliki arti penting yang sangat besar bagi keamanan maritim negara kita dan menggarisbawahi arti strategis Lakshadweep,” ujar Kumar.

“Pangkalan Angkatan Laut akan berfungsi sebagai garda depan, memberikan kesadaran domain maritim yang penting sekaligus meningkatkan dukungan dan pengawasan Angkatan Laut India di wilayah tersebut,” tambahnya.

Selain Laksamana R Hari Kumar, upacara pelepasan juga dihadiri sejumlah pejabat termasuk Administrator Lakshadweep, Praful K Patel dan Komando Angkatan Laut Selatan Laksamana V Srinivas.

Keterangan dari Angkatan Laut India seperti dikutip dari Times of Oman mengatakan, pendirian Pangkalan Angkatan Laut di Minicoy akan meningkatkan konektivitas dengan daratan, dengan fokus pada komprehensif pengembangan pulau-pulau tersebut.

INS Jatayu akan berfungsi di bawah kendali operasional Perwira Angkatan Laut (Lakshadweep), Komando Angkatan Laut Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut didampingi oleh 50 orang Pengawal Kehormatan dan Komandan Vrat Baghel, komandan pertama unit tersebut, membacakan doa dalam bahasa Sansekerta, dilanjutkan dengan pembacaan surat perintah penugasan.

Upacara peresmian tersebut dihadiri oleh Panglima Perwira Bendera Komando Angkatan Laut Barat, Wakil Laksamana Sanjay J Singh, perwira senior Angkatan Laut dan tamu-tamu terhormat.

INS Jatayu akan memainkan peran penting dalam pengawasan operasional Angkatan Laut India sambil menganut visi Security and Growth for All in the Region (SAGAR).


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Asia-Pasifik Perlu Tambahan 1.500 Helikopter Militer

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga