post image
KOMENTAR

Pendapatan maskapai Air India meningkat lebih dari 60 persen di tahun fiskal terakhir. Tetapi di sisi lain kerugian juga berlipat ganda.

Pemilik baru maskapai berusaha keras untuk mengembalikannya ke profitabilitas setelah bertahun-tahun diabaikan sebagai maskapai negara dan membawa beberapa perubahan dalam cara kerja di maskapai.

Pengajuan peraturan terbaru maskapai menunjukkan bahwa Air India membukukan pendapatan bersih sekitar 2,5 miliar dolar AS untuk tahun keuangan yang berakhir pada 31 Maret 2022. Pada TA 21, maskapai membukukan pendapatan sebesar 1,5 miliar dolar AS.

Di India, tahun keuangan dimulai pada tanggal 1 April dan berakhir pada tanggal 31 Maret tahun berikutnya.

Air India melakukan sejumlah perubahan tahun lalu untuk meminimalkan dampak pandemi akibat Covid-19, seperti pemotongan gaji/tunjangan di seluruh bagian, penangguhan semua keterlibatan kontrak pasca-pensiun, pengenalan konsep minggu kerja yang lebih pendek, dan mendorong karyawan untuk menggunakan skema cuti tanpa gaji.

“Grup ini juga melibatkan lessor pesawatnya dalam negosiasi untuk mengamankan pemotongan pembayaran sewa, melakukan kontrol ketat atas pembayaran vendor untuk memastikan penggunaan dana sebaik mungkin,” tulis Air India seperti dikutip AltInfo.

Selain pendapatan, kerugian Air India juga meningkat  sepertiga dari 883 juta dolar AS pada TA 21 menjadi 1,2 miliar dolar AS pada fiskal terakhir.

Tapi perubahan sedang berlangsung. Air India meningkatkan faktor muatannya menjadi 73,5 persen dan mengalami peningkatan 80 persen dengan jumlah penumpang yang diangkut menjadi 11,5 juta.

Sementara Tata mengambil alih kendali Air India pada Januari tahun ini, seorang eksekutif yang dekat dengan maskapai mengingatkan The Economic Times bahwa semua angka ini (baik peningkatan pendapatan maupun kerugian) terutama mencerminkan kinerja AI sebagai maskapai negara.

Air India berharap untuk meningkatkan angka-angka ini sekarang karena berada di bawah kepemilikan pribadi. Dan Tata tidak membuang waktu dalam memperkenalkan beberapa langkah dalam enam bulan terakhir untuk memulai proses pembersihan operasi maskapai.

Chief Executive Officer barunya, Campbell Wilson, sangat ingin mendapatkan kinerja tepat waktu sesuai standar dan setara dengan standar internasional yang dapat diterima dan telah meminta departemen terkait untuk melapor langsung kepadanya.

Di bawah bimbingannya, maskapai ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi di lapangan serta menciptakan pendekatan yang berpusat pada pelanggan.

Strategi armada AI telah mengalami perubahan besar dalam beberapa bulan terakhir, dari potensi pesanan besar-besaran pesawat baru hingga mempersiapkan armada yang di-grounded untuk diperkenalkan kembali tahun depan.

Beberapa perubahan yang berpusat pada karyawan termasuk menawarkan pensiun sukarela kepada beberapa pekerja sambil juga meningkatkan usia pensiun bagi pilot yang memenuhi syarat untuk memenuhi persyaratan armada segera.

Namun, untuk benar-benar mengukur dampak dari manajemen baru, kita harus menunggu sampai tahun depan untuk melihat perubahan angka keuangan operator.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews