post image
Pesawat Rusia yang disebut "hari kiamat" Ilyushin Il-80, terbang di dekat Kremlin selama latihan untuk parade Hari Kemenangan mendatang di Moskow pada 9 Mei 2022/Net.
KOMENTAR

Peringatan Hari Kemenangan Rusia yang akan berlangsung pekan depan diyakini akan dimanfaatkan Presiden Vladimir Putin untuk mengirim sinyal ke Barat dengan menerbangkan "pesawat hari kiamat" Ilyushin Il-80.

Perayaan Hari Kemenangan tahunan, yang memperingati kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, akan berlangsung 9 Mei di Lapangan Merah Moskow.

Reuters melaporkan, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Jumat (6/5), bahwa parade tahun ini akan mencakup penerbangan langka Ilyushin Il-80, sebuah pesawat komando udara yang dirancang untuk membawa Presiden Rusia Vladimir Putin dan pejabat tinggi lainnya jika terjadi perang nuklir. Pesawat itu tidak terbang sebagai bagian dari parade Hari Kemenangan sejak 2010.

Pawai tahun ini, unjuk kekuatan yang biasanya mencakup pameran peralatan militer dan sejumlah besar pasukan, akan menjadi sangat penting karena invasi Rusia ke Ukraina dan sarannya bahwa perang nuklir dapat terjadi jika Barat terlibat langsung.

Putin akan berbicara di acara Hari Kemenangan di hadapan lebih dari 11.000 tentara dan 129 unit peralatan militer melintasi Lapangan Merah. Jet tempur supersonik dan pembom supersonik strategis Tupolev Tu-160 juga akan ambil bagian dalam flyover Katedral Saint Basil.

Para pejabat Barat berspekulasi bahwa Putin dapat menggunakan pidatonya untuk mengumumkan rencana memasukkan warga sipil Rusia ke dalam militer atau untuk menyatakan perang habis-habisan terhadap Ukraina dan Nazi.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membantah klaim dan menyebut spekulasi itu omong kosong.

Gantungnya Pembelian Sukhoi Bukti Tidak Konsistennya Kebijakan AS Yang Membebani Indonesia

Sebelumnya

Malaysia Cegat 16 Jet Militer China Ketika Masuki FIR Kota Kinabalu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga