post image
KOMENTAR

Kedutaan Besar AS di Aljazair mengeluarkan peringatan keamanan kepada warganya di Aljazair pada Kamis lalu (15/2) mengenai peningkatan risiko penculikan warga negara Barat di dekat kamp Tindouf di Aljazair selama maraton yang dijadwalkan pada 28 Februari 2024.

Kedutaan Besar AS mendesak warganya untuk menghindari daerah tersebut hingga tanggal 15 Maret, untuk mewaspadai lingkungan sekitar mereka, untuk tetap waspada di lokasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan/orang Barat, untuk membuat rencana darurat untuk meninggalkan wilayah tersebut, dan untuk meninjau rencana keamanan pribadi.

Kedutaan juga menyarankan warga Amerika di Aljazair untuk memastikan bahwa dokumen perjalanan mereka mutakhir dan mudah diakses, serta membawa dokumen identifikasi yang benar, termasuk paspor AS dengan visa yang masih berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut, Kedutaan Besar mendesak warga Amerika untuk membaca situs web perjalanan Departemen Luar Negeri AS untuk Kewaspadaan Seluruh Dunia, Saran Perjalanan, dan Informasi Spesifik Negara untuk Aljazair.

Mereka juga merekomendasikan agar para pelancong mendaftar di Program Pendaftaran Wisatawan Cerdas (STEP) untuk menerima pesan keamanan dan untuk memfasilitasi keberadaan wisatawan yang tepat jika terjadi keadaan darurat yang memerlukan bantuan kedutaan AS di sana.

Pemerintah Inggris juga mengeluarkan peringatan perjalanan baru pada hari Senin kepada warganya yang menuju Aljazair, berdasarkan informasi dari peringatan keamanan AS.

Pemerintah Inggris mendesak warganya untuk memeriksa bagian “Persyaratan Masuk” untuk mengetahui batasan dan persyaratan masuk Aljazair saat ini.

“Ada kemungkinan peningkatan ancaman terhadap kepentingan Barat, termasuk terhadap warga negara Inggris. Anda harus tetap waspada dan mengikuti perkembangan terkini, termasuk melalui media dan saran perjalanan ini,” tambah Kedutaan Besar AS.

Pemerintah AS menjelaskan bahwa teroris kemungkinan besar akan mencoba melakukan serangan di Aljazair – termasuk penculikan – dan menambahkan bahwa serangan teroris terfokus pada negara bagian Aljazair, namun serangan bisa saja terjadi tanpa pandang bulu dan melibatkan orang asing.

“Ada juga risiko bahwa pelaku tunggal dapat menargetkan orang asing,” pemerintah memperingatkan.

Warga didesak untuk menghindari daerah asing ketika bergerak di sekitar Aljir dan kota-kota besar lainnya – terutama setelah gelap – serta menghindari perjalanan melalui jalan darat pada malam hari di luar kota-kota besar dan jalan raya.

Kementerian Luar Negeri Spanyol juga menyarankan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke kamp Tindouf di Aljazair karena kekhawatiran akan “ancaman teroris terhadap warga Spanyol di area kamp Sahrawi.”

Kementerian menyatakan bahwa meningkatnya ketidakstabilan di Mali utara dan meningkatnya aktivitas kelompok teroris di wilayah tersebut telah berdampak pada situasi keamanan di dekat kamp Sahrawi di Tindouf.

“Karena semua alasan ini, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah tersebut,” kata Kementerian, dan mendesak “semua wisatawan Spanyol yang kehadirannya tidak penting untuk pergi sesegera mungkin.”


Bertemu Xi Jinping, Prabowo Siap Lanjutkan Persahabatan Indonesia-China

Sebelumnya

Pembelot Korut: Ibu Saya Sudah Siapkan Racun

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Global Politics