post image
Kapal selam kelas Invincible untuk Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) diluncurkan di galangan kapal thyssenKrupp Marine Systems (tKMS) di Kiel, Jerman, pada Senin (22/4)./TKMS
KOMENTAR

Kapal selam kelas Invincible untuk Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) diluncurkan di galangan kapal thyssenKrupp Marine Systems (tKMS) di Kiel, Jerman, pada Senin (22/4).

Dinamakan Inimitable, kapal tersebut merupakan kapal selam kelas Invincible keempat yang memasuki layanan RSN setelah RSS Invincible, RSS Impeccable, dan RSS Illustrious.

Secara resmi dikenal sebagai kapal selam Type 218SG, Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) memesan dua kapal selam pada tahun 2013, diikuti oleh dua lagi pada tahun 2017.

“Singapura merupakan titik fokus rute pelayaran internasional. Hampir 90.000 kapal melewati Selat Malaka dan Singapura setiap tahunnya, yang merupakan sepertiga perdagangan global. Pelabuhan Singapura menangani 39 juta kontainer pada tahun 2023. RSN berperan penting dalam memastikan lalu lintas kapal yang aman dan terjamin melalui perairan sekitar Singapura,” kata Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean yang meresmikan peluncuran tersebut.

“RSN kemudian menyadari bahwa mengembangkan kemampuan kapal selamnya sendiri sangat penting untuk mencapai misi strategis dalam melindungi rute laut penting dan mengamankan akses Singapura ke laut. Saya telah menyaksikan dengan kepuasan luar biasa kemajuan besar yang telah dicapai komunitas kapal selam kami,” tambahnya.

Menurut siaran pers Kementerian Pertahanan Singapura, kapal selam kelas Invincible merupakan upaya kolaborasi antara RSN, Badan Sains dan Teknologi Pertahanan (DSTA), dan mitra industri tkMS. Mereka dirancang khusus untuk operasi di perairan tropis Singapura yang dangkal dan ramai. Dengan peningkatan daya tahan dan kapasitas muatan, kapal selam ini mewakili kemajuan signifikan dalam kemampuan maritim.

Setelah peluncurannya, kapal selam Inimitable akan menjalani serangkaian uji coba laut yang komprehensif sebelum dikirim ke Singapura. Sementara itu, mitranya, Impeccable, yang diluncurkan pada tahun 2022, telah kembali ke Singapura dan saat ini sedang menjalani uji coba laut lokal seiring dengan kemajuan menuju kesiapan operasional penuh dan akhirnya commissioning pada akhir tahun ini.

Dilaporkan bahwa pesanan tambahan untuk satu kapal selam Type 218SG lagi diungkapkan pada tahun 2021 tanpa pernyataan lebih lanjut dari pejabat Singapura.


Super Hercules Kelima Tiba di Halim Perdanakusuma

Sebelumnya

Raja Charles Tunjuk Pangeran William sebagai Pengganti Dirinya di Korps Udara Angkatan Darat Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Military