post image
KOMENTAR

Setelah membuka tirai yang menutupi lambang Skuadron 31 TNI AU dan angka 39 di bagian samping, Presiden Joko Widodo memecahkan kendi berisi air kembang di roda Super Hercules C-130J dalam upacara Rabu pagi (8/3).

Prosesi peresmian ini ditutup dengan siraman air sejuk ke hidung pesawat c canggih buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat itu.

Pesawat berwarna abu-abu tua ini adalah satu dari lima pesawat sejenis yang dibeli Indonesia. Empat lainnya akan tiba tahun ini juga.

Prosesi peresmian pesawat yang khas Indonesia itu disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Selanjutnya, Menhan Prabowo menyerahkan pesawat kepada Panglima Yudo.

Menurut Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo, empat unit pesawat lainnya akan berangsur-angsur tiba pada tahun 2023 hingga awal 2024.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meresmikan operasional pesawat Hercules A-1315 yang sudah berumur lebih dari 8 tahun dan baru saja menyelesaikan proses pemeliharaan. Fadjar menyatakan, pesawat Hercules yang sudah diandalkan oleh TNI AU selama puluhan tahun untuk beragam jenis operasi.

"Kita tahu bersama pesawat Hercules sangat-sangat berperan di dalam berbagai operasi, baik operasi militer maupun operasi militer selain perang seperti bencana alam, apapun juga ya kita selalu mengandalkan Hercules," kata Fadjar.

 


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga