post image
KF-X/Net
KOMENTAR

Pengembangan pesawat tempur generasi 4.5, Korean Fighter eXperiment (KF-X) terus mengalami kemajuan yang signifikan.

Bahkan, Republic of Korea Armed Forces dalam akun Facebook-nya pada Rabu (2/9) menyebut, prototype KF-X pertama akan diluncurkan besok, Kamis (3/9).

Peluncuran tersebut jauh lebih cepat tujuh bulan dari jadwal, di mana rencananya pengenalan prototype seharusnya dilakukan pada April 2021.

Komponen pertama KF-X sendiri baru mulai diproduksi pada paruh kedua 2019 dan proses perakitannya dimulai April 2020. Tetapi Korea Aerospace Industries (KAI) melaporkan, terjadi kemajuan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

"Pesawat prototipe yang akan diluncurkan besok akan dilengkapi badan pesawat dengan mesin F414-GE-400. Radar, elektronik, dan perangkat lunaknya belum dipasang (karena) akan dilakukan sebelum uji terbang pertama pada 2022," ujar Republic of Korea Armed Forces.

KF-X sendiri akan memiliki enam prototype yang direncanakan mulai beroperasi pada 2016.

Proyek KF-X merupakan kerja sama antara KAI dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Dalam hasilnya, Korea Selatan akan mendapatkan 150 unit KF-X, sementara Indonesia akan mendapat 50 unit Indonesia Fighter eXperiment (IF-X).

Kerja sama yang dilakukan pada 2016 tersebut terdiri dari beberapa tahap.

Tahap pertama merupakan pengembangan teknologi. Kemudian tahap kedua adalah <i>engineering, manufacturing and development</i> (EMD).

Dalam tahap kedua yang akan berlangsung hingga 2021, PTDI mengirim 190 insinyur untuk mempelajari pembuatan IF-X di fasilitas KAI. Mereka yang dikirim diberikan tugas untuk mempelajari pengembangan hingga manufaktur pesawat tempur.

Close X

Pesawat Tempur Rusia Usir Paksa Tiga Pesawat Pengintai AS Di Atas Perbatasan Ukraina

Sebelumnya

Perbatasan Memanas, India Kirim Lima Jet Tempur Rafale Barunya Ke Ladakh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga