post image
KOMENTAR

Amerika Serikat (AS) mengeluarkan pedoman aturan terkait pengembangan yang aman untuk pesawat supersonik komersial bagi sipil.

 


Pedoman itu dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan AS bersama dengan Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Isinya untuk menyederhanakan dan mengklarifikasi prosedur untuk pengujian penerbangan supersonik di Amerika.

"Keputusan ini adalah langkah signifikan untuk memperkenalkan kembali penerbangan supersonik sipil dan menunjukkan komitmen departemen terhadap inovasi yang aman," ujar Menteri Transportasi Elaine L. Chao, yang saat ini sudah mengundurkan diri.

Selain itu, pedoman itu juga akan membantu memastikan bahwa perusahaan yang mengembangkan pesawat supersonik memahami dengan jelas proses untuk mendapat persetujuan FAA terkait uji penerbangan.

"FAA mendukung pengembangan baru pesawat supersonik selama parameter keselamatan diperhatikan," kata Administrator FAA Steve Dickson, seperti dikutip Simple Flying.

"Pengujian pesawat supersonik di Mach 1 hanya akan dilakukan setelah mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan," imbuhnya.

Munculnya regulasi baru itu disambut baik oleh sejumlah perusahaan yang selama ini berlomba-lomba mengembangkan pesawat supersonik, seperti Boom dan Aerion.

"Kami menyambut baik minat FAA dalam mengklarifikasi aturan penerbangan uji supersonik," ujar jurubicara Boom Supersonic.

"Hari ini menandai tonggak penting dalam pengembangan penerbangan supersonik sipil," tutur CEO Aerion.

 

Close X

Korsel dan Indonesia Masih Bicarakan Kelanjutan Proyek Jet Tempur KFX

Sebelumnya

Boeing Janjikan Produksi Pesawat 100 Persen Biofuel Pada 2030

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Technology