post image
KOMENTAR

Kerajaan Arab Saudi melalui Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) mengumumkan akan membuka wilayah udaranya untuk semua maskapai penerbangan, termasuk dari Israel.

Pembukaan wilayah udara ini lebih jauh akan mendorong normalisasi hubungan antara negara-negara Arab dan Israel.

Keputusan penting ini dilakukan bersamaan dengan rencana kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Arab Saudi, hari Jumat (15/7). Air Force One terbang membawa Biden dari Tel Aviv.

“Hari ini, saya akan menjadi presiden pertama Amerika Serikat yang terbang dari Israel ke Jeddah, Arab Saudi. Saat kami menandai momen penting ini, keputusan Arab Saudi dapat membantu membangun momentum menuju integrasi lebih lanjut Israel ke kawasan itu, termasuk dengan Arab Saudi,” ujar Joe Biden.

GACA dalam pernyataannya mengatakan, wilayah udara Kerajaan sekarang terbuka untuk semua maskapai dan bahwa persyaratannya untuk penerbangan luar sejalan dengan konvensi internasional yang mendorong tidak ada diskriminasi antara pesawat sipil.

Keputusan yang disambut baik seperti itu akan membantu upaya untuk memperkuat posisi Kerajaan sebagai pusat udara global yang berkembang yang menghubungkan tiga benua dan lebih meningkatkan konektivitas udara internasional.

Kerajaan Arab Saudi selama ini tidak mengakui Israel sebagai negara, mengingat kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik.

Wilayah udara Saudi hanya terbuka untuk Israel ketika Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko meluncurkan penerbangan langsung ke Israel untuk pertama kalinya setelah menjalin hubungan diplomatik dengannya pada akhir 2020 melalui catatan Abraham.

Menurut catatan, Emirates, Gulf Air, dan El Al diizinkan menggunakan wilayah udara Saudi untuk rute Dubai-Tel Aviv dan Manama-Tel Aviv. Namun, Israel secara eksplisit dilarang menggunakan wilayah udara untuk penerbangan komersial lainnya.

Dengan satu-satunya pengecualian Air India, maskapai asing lainnya tidak diizinkan menggunakan wilayah udara Saudi ketika beroperasi menuju Tel Aviv tetapi dapat melakukannya untuk rute yang berbeda.

Melewati wilayah udara Saudi untuk rute Tel Aviv telah menambah waktu penerbangan dan meningkatkan pembakaran bahan bakar dan konsumsi untuk beberapa maskapai penerbangan pada layanan penerbangan Israel mereka sebagai persinggahan mahal sering harus dipertimbangkan di negara ketiga.

Dengan pembukaan lengkap wilayah udara Saudi, maskapai penerbangan tidak lagi diharuskan untuk terbang memutar panjang di sekitar Arab Saudi dalam perjalanan ke Israel.
 
Meskipun berita tersebut menguntungkan semua maskapai di seluruh dunia, maskapai Israel, seperti maskapai nasional El Al, paling menyambut baik perubahan tersebut.

Pembukaan itu akan mempersingkat waktu penerbangan ke wilayah Timur Jauh, yang sangat populer di kalangan penumpang Israel. Juga yang paling signifikan, pembukaan wilayah udara Saudi akan memungkinkan maskapai penerbangan Israel untuk menggelar penerbangan langsung antara Israel dan Arab Saudi untuk peziarah Muslim.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid merayakan pengumuman itu dan memuji keputusan kepemimpinan Saudi.

"Ini adalah langkah pertama menuju jalan panjang diplomasi intens dan rahasia dengan Arab Saudi dan Amerika Serikat,” seperti dikutip dari SimpleFlying.

Pembukaan tersebut juga mendorong kemungkinan bagi Israel untuk menandatangani perjanjian bilateral baru mengenai rute-rute yang belum ada untuk perluasan penerbangan internasional. Salah satu contoh penting adalah kemungkinan penerbangan langsung dari Israel ke Australia, mengingat komunitas Yahudi yang cukup besar di negara itu dan peluang bisnis bersama di keduanya.

Saat ini, maskapai nasional Israel hanya mengoperasikan penerbangan lanjutan ke Melbourne melalui Thailand atau Hong Kong, tetapi ini dapat segera membaik dengan pengumuman hari ini.

Sementara pengumuman Arab Saudi membuka wilayah udaranya tidak diragukan lagi merupakan kemenangan kecil bagi pemerintahan Biden, itu terbukti menjadi kemenangan yang lebih signifikan bagi semua maskapai penerbangan dan Kerajaan Arab Saudi seiring dengan Visi Saudi 2030.


Akhir Mei Super Air Jet Mulai Terbang ke Provinsi Paling Bahagia

Sebelumnya

Batik Air Terbang Ke Maladewa Tidak Lama Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Destination