post image
Boeingh 757
KOMENTAR

Boeing 757 dikenal karena berbagai alasan. Misalnya, bentuknya yang panjang dan tipis seperti pensil, memiliki mesin berukuran besar, dan daya angkut kargo yang sangat tinggi.

Namun, peran jet ini dalam mengubah perjalanan dari mainland AS ke Hawaii masih kurang diketahui.

Padahal, Boeing 757 mengubah cara maskapai penerbangan AS terbang ke Hawaii dan memungkinkan layanan ditambahkan bahkan pada rute tipis, meningkatkan konektivitas di seluruh pulau.

Boeing 757 memasuki layanan komersial pada tahun 1983, tetapi tidak disertifikasi untuk Extended Range Operation With Two En gine Aircraft (ETOPS) sampai beberapa tahun kemudian, pada tahun 1992. Ini berarti bahwa dalam beberapa tahun pertama pelayanan, jet terbatas pada operasi penerbangan darat, sebagai pesawat bermesin kembar tidak bisa menjelajah lebih dari 60 menit dari bandara pengalihan yang sesuai. Untuk alasan ini, penerbangan lintas samudera dioperasikan oleh pesawat quadjet atau trijet.

Sebelum ETOPS ada, penerbangan daratan AS-Hawaii dioperasikan oleh pesawat yang lebih besar seperti DC-10, yang dapat dengan mudah membawa lebih dari 250 penumpang. Namun, pesawat semacam itu hanya masuk akal secara finansial bagi maskapai penerbangan pada rute permintaan tinggi dari bandara utama AS ke Honolulu atau Kahului di Pulau Maui.

Dengan munculnya aturan ETOPS pada tahun 1985, industri penerbangan memulai babak baru. Pesawat bermesin ganda dinilai berdasarkan kinerja dan keandalan mesin tunggal mereka dan akhirnya diizinkan untuk mengoperasikan penerbangan di atas laut. Maskapai penerbangan AS melihat Boeing 757 sebagai pemenang dan dengan cepat mulai menyebarkannya pada penerbangan ke Hawaii.

Kapasitas penumpang dan biaya operasi jet yang relatif rendah berarti dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa bandara Pulau Hawaii yang lebih kecil seperti Lihue (LIH). Faktor penting lainnya adalah pembatasan landasan pacu; jet yang lebih besar seperti Boeing 767 tidak dapat beroperasi di bandara kecil seperti itu dengan muatan penuh. Di sisi lain, 757, dengan mesinnya yang bertenaga, tidak memiliki masalah sama sekali.

Mari kita ambil Bandara Lihue, misalnya. LIH memiliki dua landasan pacu, keduanya berukuran hampir 2.000 meter atau 6.500 kaki panjangnya. Sebuah 767-200 yang terisi penuh akan membutuhkan setidaknya 8.000 kaki landasan pacu untuk lepas landas, tergantung pada ketinggian bandara, sedangkan 757 dengan mesin Pratt & Whitney PW2037 membutuhkan 6.000 kaki.

Operator AS seperti Delta Air Lines, American Airlines, dan United Airlines mulai mengerahkan 757 mereka pada rute tipis tersebut. American memiliki jumlah 757 tertinggi dalam armadanya, tetapi mereka semua pensiun pada tahun 2020.

Delta dan United masih menggunakan pesawat jenis ini pada rute Hawaii hingga saat ini. Pada saat penulisan, penerbangan United Airlines 2307 dari Denver (DEN) ke LIH adalah dua jam perjalanan, melakukan perjalanan di lepas pantai barat dekat San Francisco.

Sementara tiga maskapai lama menerbangkan rute tipis ini, maskapai pulau Hawaiian Airlines memutuskan untuk tidak melakukannya. DC-10 maskapai digantikan oleh Boeing 767 dan kemudian Airbus A330, tidak ada yang memiliki kemampuan yang sama dengan 757. Akibatnya, Hawaii telah kehilangan bisnis utama selama bertahun-tahun karena beberapa operator lain yang kemudian bergabung dengan maskapai yang sangat menguntungkan pasar.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews