post image
KOMENTAR

Helikopter Sikorsky S-76B yang membawa Legenda NBA Kobe Bryant dan beberapa pemain basket lainnya, diklaim sebagai yang teraman kedua dunia. Hampir tidak ada catatan kecelakaan yang diciptakan oleh helikopter tersebut.

Melansir International Flight Network, helikopter itu jatuh di sebuah bukit dekat dengan Kota Calabasas, California, pada Minggu (26/1). Air Traffic Control (ATC) sempat mengingatkan pilot yang membawa helikopter tersebut bahwa ia terbang terlalu rendah di bawah 'Visual Flight Rules' (VFR). Ditambah cuaca yang tidak memenuhi standar untuk terbang.

Sayangnya, pilot disebut tidak menanggapi peringatan itu. Helikopter dilaporkan terbakar di udara hingga jatuh. Kobe Bryant, putrinya, dan enam penumpang lain serta satu pilot tewas. Kejadian ini membuat dunia olah raga bersedih. Tayangan CNN Television menunjukkan warga berkumpul dekat lokasi kejadian dan menangisi kepergian Kobe.

Raksasa di industri antariksa dan kontraktor proyek-proyek pertahanan, Lockheed Martin, berjanji menginvestigasi penyebab helikopter jatuh.

Helikopter itu memang bagian dari unit produksi Lockheed Martin, yakni Sikorsky S-76B.

Helikopter Sikorsky S-76 merupakan helikopter teraman kedua setelah Airbus 130 dan pernah ditumpangi Ratu Elizabeth II. Sepanjang 2006 -2016 helikopter jenis ini mencatat 915.515 jam terbang, dan hanya dua kali mengalami kecelakaan.

Silkorksky dikenal sebagai perusahaan pembuat helikopter militer. Namun, mereka juga punya beberapa jenis helikopter untuk keperluan komersil.

Helikopter Sikorsky S-76 telah digunakan oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Dalam catatan Business Air News, Sikorsky S-76 digunakan pada 51 negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, China, India, hingga Indonesia. Untuk Indonesia sendiri, Sikorsky 76 dimiliki oleh Pelita Air Service dan Travira Air.

Mau tahu berapa harga helikopter terbaik ini? Sebagai perbandingan, harga helikopter Sikorsky bekas yang paling murah adalah 275 ribu dolar Amerika atau setara Rp 3,7 miliar.

Lalu bagaimana dengan harga barunya? Harga baru satu unit Sikorsky S-76 mencapai 14,2 juta atau setara Rp193,7 miliar.

"Kami menyampaikan duka yang mendalam kepada semua yang terdampak kecelakaan Sikorsky S-76B hari ini di Calabasas, California," kata Lockheed Martin dalam pernyataannya Minggu pagi.
 


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews