post image
Tsurugi yang tak sempat digunakan./SimpleFlying
KOMENTAR

Pesawat apa yang digunakan Jepang dalam serangan kamikaze bunuh diri di WW2? Jawabannya adalah cukup banyaknya pesawat yang mereka miliki. Namun yang mungkin mengejutkan banyak orang adalah Jepang membangun pesawat yang dirancang khusus untuk serangan kamikaze yang disebut Nakajima Ki-115 Tsurugi ('pedang'). Angkatan Laut Kekaisaran Jepang menyebut Nakajima Ki-115 sebagai Toka atau "Bunga Wisteria".

Dalam artikelnya untuk SimpleFlying, Aaron Spray menuliskan, pada akhir perang, Jepang berada dalam posisi putus asa dan tidak mampu mempertahankan diri dari gelombang serangan pembom B-29 Superfortress yang menghancurkan kota-kotanya. Putus asa untuk mencegah perjalanan lompat pulau Amerika ke pulau-pulau asal Jepang yang tak terelakkan, Jepang terpaksa melakukan serangan kamikaze. Serangan Kamikaze disebut misi Tokko (bahasa Jepang untuk 'serangan khusus').

Latar Belakang: melindungi pulau asal

Ketika menjadi jelas bahwa Jepang telah kehilangan kemampuannya untuk bersaing di udara dan gelombang dengan Amerika, Jepang menjadi semakin putus asa. Pesawat tempurnya yang semakin ketinggalan zaman dan pilotnya yang kurang terlatih bukanlah tandingan Amerika. Hal ini mencapai puncaknya pada bulan Juni 1944 pada Pertempuran Laut Filipina (dijuluki Tembak Kalkun Mariana Besar). Pertempuran tersebut merupakan salah satu pertempuran laut besar terakhir, yang secara efektif mengakhiri upaya Jepang untuk berhadapan langsung dengan Amerika dalam memperebutkan udara.

Pada tahun 1944/1945, Jepang berada dalam posisi bertahan, dan perimeter besar Pasifik yang dibangunnya pada tahun 1941/1942 runtuh. Hanya masalah waktu sebelum Sekutu pimpinan Amerika tiba di Jepang dan menyerbu pulau-pulau asal.

Jepang membangun pesawat kamikaze untuk menyerang kapal Sekutu, dan sebagai persiapan untuk melawan armada invasi besar-besaran, Sekutu diharapkan berkumpul untuk menyerang Jepang. Sekutu berencana menyerang pulau-pulau asal Jepang dalam Operasi Downfall, namun setelah penggunaan senjata nuklir, Jepang menyerah, dan invasi ini tidak pernah terjadi.

Pada saat ini, Jepang tidak menganggap dirinya memiliki cukup pesawat usang untuk digunakan dalam serangan kamikaze (mereka tidak ingin menggunakan pesawat dan pilot terbaiknya untuk misi bunuh diri). Jadi, Jepang memutuskan untuk membuat pesawat bunuh diri yang murah dan sederhana dalam jumlah besar. Ini dapat dibangun dengan cepat dan digunakan untuk mempertahankan pulau asal ketika armada invasi Sekutu tiba. Idenya adalah agar Jepang dapat menggunakan pilot dengan pelatihan minimal. Pilot hanya perlu lepas landas, terbang, dan jatuh untuk menyederhanakannya.

Menurut Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional, Tsurugi terbuat dari bahan yang murah dan mudah didapat (kebanyakan kayu dan baja). Pesawat ini bahkan memiliki undercarriage yang dapat dibuang untuk menghemat berat (bagaimanapun juga, pesawat bunuh diri tidak perlu mendarat). Mesin ini dirancang untuk dipasang dengan mesin lama Jepang apa pun yang ada di gudang (Jepang memiliki stok mesin lama tahun 1920-an dan 1930-an). Segala sesuatu di pesawat itu mentah. Pesawat ini pada dasarnya dimaksudkan sebagai pesawat sekali pakai sekali pakai.

Spesifikasi Nakajima Ki-115 Tsurugi
Kecepatan maksimum: 320 mph (515 km/jam) - kemudian 343 mph (550 km/jam)
Bom: satu (hingga 1,764 lbs)
Mesin: Radial Nakajima Ha35-23 14 silinder berpendingin udara
Jarak tempuh: 720 mil (1.200 km)
Jumlah yang dibangun: 104 pada akhir perang
Riwayat pertempuran: tidak ada

Tsurgi tidak dimaksudkan untuk berperang (tidak bersenjata). Tsurgi yang lamban dan lamban adalah sasaran empuk, tetapi beberapa akan berhasil lolos jika jumlah mereka cukup banyak (mungkin gelombang ratusan atau ribuan). Dan jika mereka melakukannya, bom besar mereka yang berbobot hingga 1.760 pon akan cukup untuk menghancurkan sebuah kapal perang menjadi dua.

Pengendalian Tsurugi buruk, kinerja lepas landas dan pendaratannya buruk, dan jarak pandangnya buruk. Mungkin mengejutkan, hanya pilot berpengalaman yang bisa menerbangkannya dengan aman. Namun, pesawat tersebut mengalami kemajuan seiring berjalannya waktu, dan Jepang berharap dapat memproduksi sebanyak 8.000 unit setiap bulannya. Pada akhirnya, perang berakhir sebelum Tsurugi digunakan dalam pertempuran.

Efektivitas kamikaze

Meskipun serangan kamikaze terbukti menyakitkan bagi Sekutu, serangan tersebut merupakan tanda keputusasaan terakhir. Sekutu pada tahun 1944 secara sistematis menghancurkan pasukan Jepang. Khususnya, dalam Pertempuran Okinawa, Jepang melancarkan lebih dari 1.500 serangan terhadap Sekutu, mengakibatkan 21 kapal Angkatan Laut AS tenggelam dan 217 rusak. Total, 47 kapal Angkatan Laut AS tenggelam, dan 5 kapal induk Angkatan Laut Kerajaan rusak. Kamakazi menyumbang 7% dari seluruh korban awak Angkatan Laut AS dalam Perang Pasifik.

Efek Kamakazi
Kapal AS hilang: 47 tenggelam
Persentase korban jiwa: 7% (awak Angkatan Laut AS Perang Pasifik)
Sekutu tewas: hampir 5.000 personel militer Sekutu
Sekutu terluka: 4.800

Sementara Amerika membangun pesawat berbasis pesawat yang lebih canggih dan kuat seperti Vought F4U Corsair dan Grumman F6F Hellcat, Jepang mengalami kemunduran. Tidak ada cara lain bagi Jepang untuk menambah jumlah tersebut.

Pesawat yang selamat

Hanya satu contoh yang diperkirakan bertahan hingga saat ini—NASM Tsurugi di Museum Dirgantara dan Luar Angkasa (saat ini tidak dipajang). Diperkirakan pesawat yang selamat tersebut dibawa oleh spesialis intelijen Angkatan Laut AS ke AS untuk dievaluasi.

Sedikit yang diketahui tentang program uji coba Tsurugi atau bagaimana program tersebut direncanakan akan digunakan, karena Jepang menghancurkan sebagian besar catatan sebelum pasukan Sekutu dapat melakukan intervensi. Tsurugi bukan satu-satunya pesawat kamikaze yang dibuat khusus oleh Jepang - ada juga Kugisho Okh 22 (dengan contoh yang masih ada juga merupakan bagian dari Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional).


Selama Ini Diselimuti Adat, Bangkai Pesawat Eks Perang Dunia Kedua Ditemukan

Sebelumnya

Pertempuran Udara Terbesar, Para Pembunuh di Langit Kursk

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Histoire