post image
KOMENTAR

Institut Pusat Aerohidrodinamika Rusia atau Tsentral'nyy Aerogidrodinamicheskiy Institut (TsAGI) tengah mengerjakan desain pesawat angkut berat baru yang dinamakan “Gajah”. Pesawat itu akan menjadi pelanjut dari kargo berbadan besar yang memiliki empat mesin Antonov An-124.

Dalam sebuah rilis pekan lalu (Kamis, 7/7), peneliti di TsAGI telah memodifikasi desain dan konfigurasi pesawat yang diusulkan, khususnya penampang badan pesawat, untuk meningkatkan kapasitasnya. Pesawat baru tersebut diharapkan bisa mengangkut kargo maksimum 180 ton.

Rusia berharap pengujian terowongan angin pesawat ini selesai pada akhir tahun 2022. Perusahaan telah meneliti sayap yang berbeda yang dapat mempengaruhi kinerja pesawat.

“Perhatian khusus diberikan pada ujung sayap yang dapat dilepas dari berbagai konfigurasi. Dengan membandingkan dampaknya pada rasio angkat-ke-seret selama pengujian, para ahli akan dapat memilih opsi terbaik,” tulis  TsAGI dalam rilis itu.

Desain pesawat baru ini juga diharapkan mampu mengakomodasi mesin turbofan PD-35 Rusia, yang mampu mendorong hingga 35 ton.

UEC-Aviadvigatel sedang mengembangkan mesin yang lebih besar yang dimaksudkan untuk menggerakkan pesawat berbadan lebar, seperti CR929, dengan mendasarkan desainnya pada PD-14 sebelumnya. Sebuah kontrak diberikan oleh pemerintah federal untuk penelitian dan pengembangan mesin pada tahun 2016.

“Proyek ini didedikasikan untuk penelitian teknologi untuk mengembangkan pesawat angkut yang menjanjikan untuk menggantikan pesawat angkut berat jarak jauh An-124 Ruslan. Pesawat ini akan dirancang untuk mengangkut kargo berat dan besar dengan jarak sekitar 7.000 kilometer (4.349 mil) dengan kecepatan 850 kph (528,13 mph)”, tulis peneliti  TsAGI lagi.

Dirancang oleh biro desain Antonov di Ukraina ketika negara itu menjadi bagian dari Uni Soviet, An-124 adalah pesawat angkat berat strategis bermesin empat yang dibangun untuk Angkatan Udara Soviet.

Diproduksi antara 1982 dan 2014, An-124 adalah pesawat kargo terbesar di dunia tetapi digantikan oleh An-225. Diterbangkan oleh kru yang terdiri dari dua pilot, dua insinyur penerbangan, navigator, dan operator komunikasi, An-124 memiliki ruang untuk 88 penumpang di dek atasnya dan dapat membawa kargo besar dan besar. Dua dari An124 milik Antonov Airlines telah dimodifikasi untuk membawa bobot 150.000kg (330.693lbs) yang lebih mengesankan.

Satu-satunya kerabat pesawat yang lebih besar, An-225, yang dikenal sebagai Mriya, dihancurkan awal tahun ini selama invasi Rusia ke Ukraina.

Bagian depan pesawat rusak parah, sementara badan pesawat bagian depan dari sayap direduksi menjadi cangkang yang terbakar habis, dengan kokpit jet kargo bermesin enam sebenarnya telah dipisahkan sama sekali.

Sebelum invasi Rusia 2014 ke Ukraina, Rusia dan Ukraina telah mempertimbangkan untuk mengembangkan pesawat gabungan mereka sendiri. Namun, rencana untuk ini segera ditinggalkan.


Yusron Ihza: Pengurangan Bandara Internasional Ganggu Sektor Pariwisata

Sebelumnya

Pungutan Iuran Dana Pariwisata Ditolak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews