post image
KOMENTAR

Republik Sosialis Vietnam dikabarkan sedang mencari untuk memperoleh sistem pertahanan rudal Barak 8 Indo-Israel. Menurut laporan media Israel, Haaretz, baru-baru ini, delegasi pejabat tinggi Kementerian Pertahanan Vietnam akan mengunjungi Israel pada Septembe. Dalam kunjungan itu mereka akan membahas potensi pembelian tiga sistem pertahanan rudal Barak 8 dari Israel Aerospace Industries (IAI).

Vietnam telah memiliki sistem pertahanan udara Spyder buatan Israel yang dibeli pada 2015 dari Rafael Advanced Defense Systems seharga 600 juta dolar AS. Ini adalah bagian dari kesepakatan militer terbesar antara Israel dan Vietnam.

Laporan menunjukkan bahwa Rafael berusaha meyakinkan Angkatan Udara Vietnam untuk membeli tiga sistem Spyder lagi, tetapi Hanoi tidak senang dengan perusahaan tersebut dan malah memberikan prioritas kepada IAI.

Delegasi Vietnam juga akan bertemu dengan kepala Angkatan Udara Israel, komandan yang bertanggung jawab atas pertahanan udara Israel, dan pejabat senior pertahanan Israel lainnya selama kunjungan mereka.

Sistem pertahanan rudal Barak-8 dikembangkan bersama oleh IAI, Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO), Direktorat Penelitian dan Pengembangan Israel (DDR&D), Sistem Elta, dan Sistem Pertahanan Lanjutan Rafael.

Sistem Barak-8 dirancang untuk bertahan melawan berbagai ancaman udara, termasuk helikopter, pesawat sayap tetap, kendaraan udara tak berawak, rudal anti-kapal, rudal balistik, dan rudal jelajah. Itu bisa mengenai target dengan akurasi tepat hingga jarak 70 kilometer.

Sistem pertahanan rudal ini dapat digunakan pada platform angkatan laut dan darat, dan kemampuan peluncuran vertikal dari keluarga rudal pencegat Barak memungkinkan cakupan 360 derajat.

IAI mengklaim pencari sistem yang sangat canggih dapat bekerja di bawah semua kondisi cuaca dan mendeteksi ancaman dengan penampang radar rendah (RCS) atau kemampuan manuver yang tinggi. Selain itu, pencari menggunakan sinar frekuensi radio (RF) lebar dan sempit, yang dapat mengunci target apa pun di ketinggian berapa pun dan dengan demikian memberikan pertahanan terhadap berbagai ancaman darat, udara, dan laut.

Setelah keberhasilan pengembangan Barak-8, IAI mengembangkan lebih lanjut sistem pertahanan udara berlapis-lapis Barak-MX, yang terdiri dari rudal pencegat yang berbeda untuk jangkauan yang berbeda, seperti sistem pertahanan udara S-400 Triumf Rusia.

Yang terpenting, sistem rudal Barak-8 terbukti dalam pertempuran. Pada tahun 2020, selama perang Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia, rudal pencegat Barak 8 dilaporkan menembak jatuh rudal balistik jarak pendek Iskander buatan Rusia yang ditembakkan oleh Armenia.

Versi darat dari Barak-8, dioperasikan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara India, dikenal sebagai MR-SAM, dan sistem jarak jauh saat ini sedang dikembangkan, yang dikenal sebagai LR-SAM.

Bersama dengan radar multiguna modern yang digunakan pada kapal perang angkatan laut atau sistem pertahanan udara, Barak-8 dapat secara bersamaan menyerang beberapa target dalam pertahanan kapal.

Berita Buruk untuk Cina

Bila Vietnam membeli sistem rudal Barak-8, ini akan menjadi kemenangan besar bagi India setelah pembelian sistem rudal anti-kapal BrahMos Indo-Rusia oleh Filipina baru-baru ini senilai US$ 375 juta.

India terus meningkatkan ekspor pertahanannya, yang akan memperkuat produksi pertahanan dalam negerinya, sebagai bagian dari inisiatif pemerintah 'Make in India' dan 'Atmanirbhar Bharat' (mandiri).

Produksi rudal Barak-8 dilakukan oleh perusahaan patungan Indo-Israel, KRAS, antara Rafael, Kalyani Group, dan Bharat Dynamics Limited.

Ketertarikan Vietnam pada sistem pertahanan rudal Barak-8 bertentangan dengan kekhawatiran Hanoi atas perang China sambil menegaskan klaim maritimnya di wilayah Laut China Selatan (LCS), yang mencakup Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Vietnam.

Sementara Vietnam mencoba untuk menjaga hubungan baik dengan China meskipun ada sengketa wilayah, dalam beberapa tahun terakhir, ketegangan antara kedua negara tetap tinggi, berdampak buruk pada kegiatan penangkapan ikan dan eksplorasi sumber daya alam di perairan yang diperebutkan.

Contoh terbaru adalah pada bulan Maret ketika Vietnam menuduh China melanggar ZEE-nya dengan melakukan latihan militer di perairan antara provinsi Hainan dan Vietnam.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh EurAsian Times, Vietnam juga tertarik membeli sistem rudal Brahmos dari India.

Sistem rudal Brahmos atau Barak-8 dapat memungkinkan negara-negara seperti Vietnam untuk menggunakan strategi anti-akses/area penolakan (A2/AD) versi mereka yang dirancang oleh China untuk melawan Angkatan Laut AS di wilayah LCS.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA