post image
Foto: Net
KOMENTAR

Fase ketiga dan terakhir dari modernisasi armada kapal tanker Angkatan Udara Amerika Serikat kemungkinan akan berlangsung lebih awal dari yang diperkirakan.

Program Executive Officer untuk Direktorat Mobilitas dan Pelatihan Pesawat USAF, Paul Waugh, kepada Breaking Defense mengatakan, dari studi awal yang mereka lakukan, pengembangan KC-Z ini dapat dilakukan tahun 2024.

Sejak pergantian milenium, USAF telah berusaha untuk memodernisasi armada pengisian bahan bakar udaranya. Setelah beberapa upaya terhenti, diputuskan pada tahun 2007 untuk memperbaharui armada dalam tiga kali angsuran.

Fase pertama, yang disebut KC-X, awalnya dimenangkan pada tahun 2008 oleh A330 MRTT, diusulkan oleh Airbus bermitra dengan Northrop Grumman. Namun, kemenangan produsen non-AS memicu lobi politik yang intens. Akhirnya, pada tahun 2011, kontrak diambil dari Airbus dan diberikan kepada Boeing, yang telah menawarkan KC-46 Pegasus.

Angkatan Udara telah memesan 98 dari armada 179 kapal tanker KC-46 yang direncanakan. Namun pesawat Boeing tersebut mengalami banyak masalah teknis sejak pengiriman pertama pada 10 Januari 2019.

Kapal tanker baru Boeing, KC-46, memiliki - secara halus - banyak masalah. Banyak. Bagaimana Boeing akhirnya menawarkan pesawat seperti itu ke USAF?

Pada Juni 2021, Pusat Manajemen Siklus Hidup Angkatan Udara mengeluarkan Pemberitahuan Pencarian Sumber untuk fase kedua program yang disebut KC-Y. Jika diadakan, kompetisi akan sekali lagi melihat Boeing KC-46 menghadapi Airbus A330 MRTT, kali ini dalam kemitraan dengan Lockheed Martin.

Dengan program KC-Y, Angkatan Udara AS bermaksud untuk memperoleh antara 140 dan 160 pesawat tanker baru untuk mendukung Boeing KC-46A Pegasus saat ini.

Pabrikan diminta untuk menyediakan “sekitar 140-160 Pesawat Tanker Derivatif Komersial—dengan tarif 12 hingga 15 per tahun”. Program KC-Y dimaksudkan sebagai solusi jembatan antara KC-X dan KC-Z. Pesawat pertama akan diterima pada tahun 2029, tepat setelah pengiriman batch pertama 179 kapal tanker Boeing KC-46A.

Meskipun persyaratan untuk KC-Z belum dikonfirmasi, itu dijadwalkan menjadi desain lembaran kosong. Laporan awal dan model pertunjukan udara mengisyaratkan penekanan pada siluman. Sekarang, Waugh menyebutkan bahwa AOA akan membantu menguraikan “keluarga sistem,” idiom yang mirip dengan “sistem sistem” yang diciptakan oleh sebagian besar pengembang pesawat tempur generasi keenam.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga