post image
KOMENTAR

Pemerintah Singapura tampaknya tengah mempertimbangkan untuk membeli varian lain dari F-35, meski sebelumnya telah memesan 12 unit F-35B Lightning II dari Lockheed Martin Amerika Serikat (AS).

Dimuat Defense News, pejabat pertahanan Singapura masih memiliki keraguan untuk memilih jet tempur yang tepat lantaran negara tersebut memiliki wilayah yang kecil.

Pada 2020, Singapura telah memesan F-35B ke AS sebagai bagian dari upayanya untuk memodernisasi F-16 yang sudah tua. Singapura juga berencana membangun kembali pangkalan udaranya, dengan tidak menggunakan landasan pacu yang panjang. Sehingga F-35B ketika itu dinilai tepat karena dapat lepas landas dari landasan pacu pendek dan mendarat secara vertikal.

Berdasarkan kesepakatan bernilai 2,75 miliar dolar AS, Washington harus mengirimkan empat jet tempur yang dipesan pada tahap awal, di mana pengiriman dimulai pada 2026. Dengan demikian, akuisisi kemampuan operasional penuh pada 2029, seperti yang direncanakan pemerintah, akan terpenuhi.

Nantinya, Singapura akan memindahkan F-16 di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Phoenix, Arizona, ke Pangkalan Garda Nasional Udara Ebbing di Fort Smith, Arkansas, pada tahun 2023.

Kendati begitu, diungkap oleh Mayor Zhang Jian Wei, yang bertanggung jawab atas pengadaan jet tempur, Singapura juga membuka kemungkinan untuk membeli varian lain.

F-35 sendiri memiliki dua varian lain. Varian F-35A yang beroperasi dari landasan pacu konvensional, dan varian F-35C yang digunakan pada kapal induk.

Dimuat Bulgarianmillitary.com, seorang pengamat dari Kementerian Pertahanan Singapura telah mengunjungi Jepang untuk memantau Pangkalan Angkatan Udara Jepang dan stasiun Korps Marinir, di mana F-35B dioperasikan.

Dua pengamat lainnya dikirim ke AS dan Australia, masing-masing, untuk membiasakan diri dengan proses operasional yang sama, tetapi untuk pesawat tempur F-35A.

Sementara itu, jet tempur F-35C sejauh ini hanya dioperasikan oleh Angkatan Laut AS, dan pesawat tempur ini belum dijual ke negara lain. Namun,  F-35C memiliki satu keunggulan dibandingkan varian lainnya dari keluarga F-35 karena dapat membawa lebih banyak bahan bakar dan memiliki jangkauan yang luas.


Dahana dan Polri Perkuat Alpalhankam

Sebelumnya

Erdogan: Jika AS Tolak Jual F-16, Turki Bisa Beli Su-57 dari Rusia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA