post image
KOMENTAR

Namanya Igor Ivanovich Sikorsky. Lahir di Kiev, tanggal 25 Mei, 130 tahun lalu. Kelak dia akan dikenang sebagai salah seorang tokoh di balik industri helikopter dunia.  

Seperti kebanyakan anak kecil di masanya, ketertarikan Sikorsky pada dunia rancang bangun  dan penerbangan didorong oleh novel Voyages Extraordinaries yang ditulis Jules Verne.

Selain itu, karya Leonardo da Vinci yang menggambarkan sayap pesawat yang berputar yang dikenal sebagai "the aerial screw" memberikan pengaruh yang begitu kuat pada daya imajinasinya.

Setelah lulus dari Politeknik Kiev, yang kini menggunakan namanya, Sikorsky memulai usaha untuk menciptakan helikopter. Namun langkah pertama ini tidak mudah dan berakhir dengan kegagalan.

Di tahun 1910, Sikorsky banting setir. Ia bekerja sama dengan perusahaan Russo-Balt memulai upaya untuk menciptakan pesawat dengan sayap yang konvensional.

Di tahun 1913, ia membangun pesawat bermesin empat yang dinamakan Russky Vityaz atau Ksatria Rusia yang juga menggunakan kabin tertutup.

Konsep ini kemudian diadopsi oleh pesawat pengebom Ilya Muromets yang digunakan dalam Perang Dunia Pertama.

Setelah Revolusi Oktober 1917, Sikorsky yang merasa terancam oleh pendukung Soviet melarikan diri ke Amerika Serikat dimana ia sempat bekerja sebagai dosen untuk waktu yang singkat.

Dengan bantuan dari komposer Sergei Rachmaninoff yang juga melarikan diri dari Rusia, Sikorsky membuka kantor desain pesawat Sikorsky Aircraft Corporation. Pekerjaan pertamanya adalah menciptakan desain untuk pesawat amphibi.

Dengan bantuan Charles Lindbergh, Sikorsky mendesain pesawat amphibi “Clipper”. Pan American World Airways memesan 10 unit pesawat ini.

Di tahun 1930, Sikorsky kembali pada minat pertamanya: helikopter.

Usaha ini baru menemui hasil di tahun 1939 ketika ia memperkenalkan Vought-Sikorsky VS-300. Prinsip kerja mesin rotor helikopter yang diciptakannya digunakan oleh hampir semua helikopter saat ini.

Selanjutnya, di tahun 1942, Sikorsky R-4 menjadi helikopter pertama yang didesain secara berseri. Sebanyak 131 helikopter dibuat dan digunakan oleh Angkatan Udara AS juga Angkatan Udara Inggris.

Sejak itu, fokus utama Sikorsky Aircraft Corporation adalah helikopter, dan ia telah menciptakan banyak desain helikopter.

Di tahun 1972, ketika ia meninggal dunia, perusahaannya mendapat kesempatan dari Angkatan Udara AS untuk menggantikan Bell UH-1 Huey.

Helikopter S-70 yang mulai diterbangkan pada Oktober 1974 dipilih sebagai pemenang dan mengalahkan Boeing.

Inilah momen kelahiran helikopter Blackhawk.

Di tahun 2015 pabrik helikopter yang dibangun Sikorsky dibeli oleh Lockheed Martin. ***

Kekuatan Udara Indonesia 1960an

Sebelumnya

G-BOAD, Supersonik Negeri Jiran yang Pernah Ada

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Histoire