post image
KOMENTAR

Dua unit helikopter AS365 N3+ Dauphin buatan PT Dirgantara Indonesia diserahkan kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam yang digelar di Hanggar Rotary Wing PTDI, Jalan. Pajajaran No. 154, Bandung.

Dokumen serah terima ditandatangani oleh Direktur Utama PTDI Elfien Goentoro dan Kepala Basarnas Marsekal Madya Bagus Puruhito, serta disaksikan Wakil Menteri I Kementerian BUMN RI, Budi Gunadi Sadikin.

Serah terima 2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin kepada Basarnas sesuai Kontrak Jual Beli No.38/PPK-04/PERJ/XI/SAR-2018 tanggal 16 November 2018 antara PT Dirgantara Indonesia (Persero) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang telah diselesaikan pekerjaannya tepat waktu sesuai kontrak yaitu pada bulan Desember 2019.

PTDI telah berhasil menyerahkan 2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin pada tanggal 18 Februari 2014 dan 2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin lainnya pada tanggal 15 November 2016. Dengan demikian sampai saat ini Basarnas telah memiliki 6 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin dari PTDI.

Helikopter SAR Medium Intermediate AS365 N3+ Dauphin merupakan produk kerjasama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Perancis. Helikopter ini telah sesuai dengan standar SAR dan Coast Guard dengan total sebanyak 170 helikopter Dauphin yang digunakan di seluruh dunia.

Helikopter ini dilengkapi dengan Hoist untuk menarik/mengevakuasi korban pada sisi pintu kanan. Helikopter ini juga dilengkapi dengan radar cuaca, serta dilengkapi Forward Looking Infrared Camera (FLIR) untuk mendukung operasional pada segala medan dan kondisi.

PTDI siap memenuhi pesanan berikutnya dari Basarnas, khususnya untuk helikopter SAR, baik dari jenis AS365 N3+ Dauphin ataupun jenis helikopter lainnya, sebagai wujud komitmen PTDI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara negara Indonesia. Keberadaan PTDI akan sangat berarti jika setiap produk serta jasa yang dihasilkannya dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh instansi dan lembaga negara di Indonesia.

“Dengan diserahkannya kedua helikopter AS365 N3+ Dauphin ini, membuktikan keseriusan PTDI untuk membantu pemenuhan tugas pokok dan fungsi Basarnas demi menunjang pekerjaan dalam mengevakuasi dan menolong korban,” kata Dirut PTDI, Elfien Goentoro.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews