post image
Mantan CEO Boeing Frank Shrontz./Aviation Week
KOMENTAR

Frank Shrontz meninggal dunia pada 3 Mei lalu. Tokoh di balik pengembangan Boeing 747-400 dan Boeing 777 ini menghembuskan nafas terakhir di usia 92 tahun.

Selain 747 dan 777,  Shrontz juga dikenal karena pengembangan International Space Station (ISS).

Di bawah kepemimpinan Shrontz dari pertengahan 1980an hingga pertengahan 1990an, Boeing bertransformasi menjadi perusahaan kedirgantaraan global. Evolusi tersebut membuka jalan bagi akuisisi Rockwell dan merger dengan McDonnell Douglas.

Shrontz bergabung dengan Boeing pada tahun 1958 dengan gelar sarjana hukum dari Universitas Idaho dan MBA dari Harvard.

Shrontz meninggalkan perusahaan pada tahun 1973 untuk menjadi asisten menteri pertahanan untuk instalasi dan logistik sebelum menjadi asisten sekretaris Angkatan Udara pada tahun 1976.

Dia bergabung kembali dengan Boeing pada bulan Januari 1977 sebagai wakil presiden perusahaan bidang perencanaan dan administrasi kontrak.

Dari September 1978 hingga Mei 1982, dia menjadi wakil presiden dan manajer umum divisi 707/727/737 Perusahaan Pesawat Komersial Boeing dan pada bulan April 1984, dia menjadi presidennya. Kurang dari setahun kemudian, pada bulan Februari 1985, Shrontz ditunjuk sebagai presiden Perusahaan Boeing, menggantikan Malcolm Stamper, yang memimpin upaya pengembangan 747 pada akhir tahun 1960an.

Di bawah kepemimpinan Shrontz, tulis Editor Senior Aviation Week, Guy Norris, dari April 1986 hingga April 1996 Boeing meluncurkan serangkaian produk utama, terutama 737-400—versi pertama dari 737-300 dikerjakan ulang.

Meskipun digambarkan oleh Shrontz pada saat itu sebagai “jembatan” menuju 7J7 bertenaga propfan yang direncanakan, sebuah desain canggih yang kemudian dibatalkan, -300/400 malah membuka jalan bagi 737 Next Generation yang sangat sukses—sebuah program yang diluncurkan di bawah kepemimpinannya. tonton pada bulan Juni 1993.

Shrontz juga mengawasi peluncuran dan pengembangan 747-400, yang, dengan 694 pengiriman hingga akhir produksi pada tahun 2009, menjadi varian 747 terlaris. Namun dari semua model pesawat komersial yang diluncurkan pada masa Shrontz memimpin, ia paling dikenang karena 777, yang pengembangannya dianggap sebagai salah satu yang dikelola paling baik dalam sejarah perusahaan.

Sebagai pemimpin bisnis yang disukai dan dipercaya, Shrontz juga mengawasi pergeseran budaya perusahaan dari gaya kepemimpinan komando dan kontrol tradisional di masa lalu ke budaya kooperatif yang bersifat terbuka dan hormat yang diusung oleh pemimpinnya Phil Condit dan Alan Mulally sebagai pemimpin perusahaan. "Bekerja bersama."

Shrontz menjadi ketua emeritus pada 1 Februari 1997, setelah pensiun sebagai ketua dewan. Dia juga salah satu pemilik tim bisbol Seattle Mariners.


Pertempuran Udara Terbesar, Para Pembunuh di Langit Kursk

Sebelumnya

Jetstar II dari Saddam Hussein untuk Diplomasi Penerbangan Yasser Arafat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Histoire