post image
Latihan militer gabungan ASEAN dan Amerika Serikat di Laut China Selatan/EPA
KOMENTAR

 Organisasi sepuluh negara di Asia Tenggara, ASEAN dan AS resmi lakukan latihan militer maritim gabungan di Laut China Selatan. Delapan kapal perang, empat pesawat terbang, dan lebih dari seribu personel dari sepuluh negara ASEAN dan AS bergabung muai Senin (2/9). 

Dilaporkan oleh Al Jazeera, Latihan Maritim ASEAN -  AS (AUMX) akan berlangsung selama lima hari. Latihan dimulai dari Pangkalan Angkatan Laut Sattahip di Thailand dan berakhir di Singapura. 

Dipimpin oleh Angkatan Laut AS dan Kerajaan Thailand, nantinya latihan akan meluas ke perairan internasional di Asia Tenggara, termasuk Teluk Thailand dan aut China Selatan. 

"AUMX membangun keamanan maritim yang lebih besar di atas kekuatan ASEAN, kekuatan ikatan navy-to-navy, dan kekuatan kepercayaan bersama untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar pengawas kerja sama keamanan Angkatan Laut di Asia Tenggara, Laksamana Muda Joey Tynch.

Kesepuluh anggota ASEAN diketahui akan mengambil bagian dalam latihan simulasi pencarian dan penyitaan kapal target. Simulasi ini sebagai respon atas kapalsurvei Tiongkok yang berada di perairan yang diklaim oleh Vietnam. 

Sebelumnya, latihan ini sempat mendapatkan kritik karena AS memberlakukan sanksi pada petinggi militer Myanmar atas krisis Rohingya.


PT Dahana Sudah Punya Pabrik Amonium Nitrat, Mimpi yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya

Kapal Induk Jatayu Mulai Beroperasi di Laut Selatan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga