post image
Proses pencarian pesawat MAF di Danau Sentani/Net
KOMENTAR

Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis Kodiak 100 PK-MEC jatuh di Danau Sentani, Kampung Yobou, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (12/5). Pesawat jatuh sekitar pukul 06.29 WIT.

"Telah terjadi insiden jatuhnya pesawat milik MAF jenis Kodiak 100 no reg K-100 PK-MEC dengan pilot Joice Lin, dan rute Bandara Sentani (Jayapura)-Distrik Mamit (Tolikara)," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM. Kamal lewat keterangan persnya, Selasa (12/5).

Peristiwa jatuhnya kapal tersebut bermula ketika pesawat MAF take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid.

"Pukul 06.29 WIT, pilot memanggil tower "mayday" dan meminta RBT (mendarat darurat), selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot. (Pesawat hilang kontak)," bebernya.

Kombes Kamal menerangkan pesawat dengan register PK-MEC terbang dengan membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang.

Diketahui bahwa saat setelah melakukan take-off dari landasan pacu, dan saat pesawat berada di atas danau, pesawat secara tiba-tiba langsung jatuh ke Danau Sentani. Sementara untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan.

"Setelah dilakukan pencarian terhadap pilot, tim gabungan berhasil menemukan pilot di sekitar lokasi jatuhnya pesawat, selanjutnya pilot dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura," tandasnya.

Pilot pesawat MAF Joyce Chaisin Lin (40) perempuan merupakan warganegara Amerika Serikat dinyatakan meninggal dunia.

"Saat ini Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara untuk dilakukan tindakan medis. Sementara itu untuk badan pesawat telah berhasil dievakuasi dari dasar danau," demikian Kombes Kamal.


STARLUX Pesan A350F dan A330neo Tambahan

Sebelumnya

Airbus dan ST Engineering Sepakat Dirikan Pusat MRO C295 di Singapura

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews