post image
Ilustrasi F-16 milik militer Turki/Net
KOMENTAR

Militer Turki kembali menggempur gerilyawan Kurdi di wilayah Haftanin, Irak bagian utara. Itu merupakan serangan kedua dalam beberapa hari terakhir sebagai bagian dari Operasi Cakar-Elang.

Melalui Twitter, Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, pesawat tempurnya telah menargetkan Partai Pekerja Kurdistan (PKK/YPG) pada Rabu (17/6). Serangan serupa juga telah dilakukan Turki pada Minggu (14/6).

"Komando heroik kami ada di Haftanin," ujar kementerian seperti dikutip <i>Reuters</i>.

“Untuk menetralkan PKK dan elemen teroris lainnya yang mengancam rakyat dan perbatasan kita, Angkatan Udara kita, bersama dengan peralatan pendukung... telah dimobilisasi ke wilayah tersebut dengan operasi udara," sambung kementerian.

Turki memang dikenal secara konsisten menargetkan PKK yang berbasis di Irak bagian utara. Sebelumnya, kementerian mengaku, serangan tersebut merupakan serangan balasan atas peningkatan serangan yang dilakukan oleh militan terhadap pangkalan militer Turki.

PKK/YPG merupakan kelompok teroris bagi Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa. Kelompok yang bermarkas di Irak bagian utara tersebut berusaha untuk mendirikan negara otonom Kurdi, termasuk di beberapa bagian Turki.

Sejak Turki dan Kurdi melakukan serangan pada 1984, sudah ada lebih dari 40.000 yang meninggal dalam konflik keduanya.

Close X

Di Tengah Polemik Pembelian S-400 Rusia, AS-Turki Lanjutkan Program Pembuatan Suku Cadang F-35

Sebelumnya

Tak Kunjung Usai, Pakistan Tembak Jatuh Quadcopter Mata-mata Milik India

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga